Tags

Ulasan Buku Anak : Rahasia Makanan oleh Tasaro GK

Sejujurnya saya baru tahu kalau Tasaro GK juga menulis buku untuk anak-anak. Karena buku-buku beliau yang banyak nampak di toko buku adalah tentang biografi Nabi Muhammad. Dan buku Rahasia Makanan ini adalah buku pertama beliau yang saya baca 😂✌️.


Saya membeli buku ini saat anak saya masih MPASI karena waktu itu anak saya lagi susah makan. Istilah beken di kalangan  emak-emak adalah GTM atau Gerakan Tutup Mulut. Ya, jangan dikira dengan bacain buku ini langsung bikin anaknya jadi auto lahap makan. Tentu tidak! Akan tetapi konteks buku ini justru berisi banyak pengingat bagi orang tua.


Spesifikasi Buku

Judul : Rahasia Makanan

Penulis : Tasaro GK

Penerbit : PT Mizan Pustaka

Jumlah Halaman : 43 Halaman


Blurp

Sumber : canva

Allah menciptakan manusia bisa merasa lapar dan haus. Allah juga yang menciptakan makanan untuk manusia supaya bisa menghilangkan rasa lapar dan hausnya. Tapi ternyata tidak sembarangan makanan yang Allah perbolehkan untuk dimakan. Allah memerintahkan manusia untuk memakan makanan yang halal dan baik. Tapi, kenapa harus seperti itu, ya?


Hal Menarik Dari Buku Rahasia Makan

Sumber : canva

Pada awal buku ini sudah memantik anak untuk berpikir. Ya, walau berpikir sederhana aja. Karena yang ditanyakan adalah apa yang dirasakan anak saat lapar? Bagi kita orang dewasa sih pas bacanya biasa aja. Tentu tidak untuk anak-anak. Ketika ditanyakan apa yang dirasa saat lapar, jawabannya bisa panjang atau bisa juga hanya satu kata tapi diucapkannya panjaaaaang banget dengan penuh ekspresi 😆😆. 


Selain itu buku ini tidak sekedar menyajikan apa yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi, serta tentang adab makan. Namun juga Tasaro GK menyajikan dalil-dalil al Qur'an sesuai konteks bahasan. Beliau juga menyajikan cerita tentang gadis penjual susu yang jujur dan seorang pejabat yang terkena kanker karena mengkonsumsi makanan dari hasil kerja yang tidak halal. 


Cerita tersebut memberikan pengetahuan bagi anak bahwa kehalalan makanan atau minuman nggak hanya dari jenisnya, tapi juga bagaimana cara kita memperolehnya. Bahkan uang yang kita gunakan untuk membelinya apakah didapat dengan cara yang halal dan baik atau tidak.


Hal menarik lainnya dari buku ini, tentunya karena buku ini bergambar dan setiap kalimatnya mudah dicerna. Tidak ada kalimat terlalu panjang bin njelimet, sehingga anak-anak pasti senang membacanya.


Ngomong-ngomong, karena buku ini bukan boardbook, maka orang tua perlu berhati-hati jika membacakan buku ini untuk anak bayi ya. Tau sendiri kan anak bayi masih hobi ngeremet dan nyobek kertas 😆🙏. 


Kesan Tentang Buku Rahasia Makan

Sumber : canva

Membacakan buku untuk anak memang selalu menyenangkan bagi saya. Karena menurut saya membacakan buku untuk anak nggak hanya memberikan pengetahuan bagi anak, tapi juga pengingat bagi orang tua. Termasuk membacakan buku Rahasia Makanan yang ditulis oleh Tasaro GK. 


Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa Tasaro tidak hanya menyampaikan adab makan dan makanan seperti apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Tapi juga mengingatkan agar bekerja dengan cara yang halal dan baik juga akan mempengaruhi keberkahan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Bahkan mempengaruhi kesehatan fisik kita.


Hal ini tentu menjadi pengetahuan bagi anak, tapi juga menjadi pengingat yang luar biasa bagi saya selaku orang tua. Karena bagaimanapun orang tua menjadi wasilah bagi anak untuk mengalirkan rejeki dari Allah. Akan tetapi bagaimana rejeki itu dicari dan didapatkan juga akan berpengaruh pada keberkahan dalam keluarga dan kesehatan jasmani keluarga tersebut. Bahkan bisa juga berpengaruh pada pola pikir, pola pandang dan laku hidupnya. 


Saya merasa tidak banyak penulis buku anak dengan tema makan yang menuliskan hal ini secara komprehensif. Sehingga saya sangat merekomendasikan buku ini bagi para orang tua untuk dibaca bersama dengan anak. 


Semoga ulasan buku ini bermanfaat yaa~



Disclaimer : tulisan ini dibuat untuk memeriahkan tantangan Hari Membaca Nyaring Sedunia yang diadakan oleh Duri Read Aloud.

Emiria Letfiani
A Wife, A Mom, A Storyteller

Related Posts

Post a Comment