5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa

Halo, Mak. Gimana kabarmu di hari ketujuh puasa? Semoga puasanya lancar jaya sampai akhir yaa. 


Selama 7 hari berpuasa sudah melakukan kegiatan apa saja nih? Atau mungkin ada diantara mamak masih bingung mau ngapain karena manajemen waktu yang dirasa berantakan? 


Sebenarnya mamak nggak perlu bingung. Karena mumpung kita ada di bulan yang mulia, yang mana melakukan ibadah bisa dapet reward double-double. Insyaa Allah. Tinggal gimana kita mau membuat slot prioritas. Hihi. 


Nah, ada sekiranya 5 kegiatan bermanfaat yang bisa mamak lakukan nih di bulan Ramadhan. Nggak harus diikuti semuanya sih. Bisa salah satu atau salah limanya 😜. Cikidooott~

Tilawah alQur'an

Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan turunnya alQur'an. Oleh karenanya kita perlu banget di bulan Ramadhan ini mencoba untuk memilki slot priotitas waktu untuk membaca alQur'an. Bisa dilakukan sendirian, bisa juga dilakukan bersama dengan keluarga. 


Menurut saya pribadi nggak harus baca satu juz sehari agar bisa khatam. Mamak bisa baca alQur'an sebanyak yang mamak mampu per harinya. Karena yang paling penting dari baca alQur'an bukanlah banyak lembarnya, tapi seberapa bisa bacaan tersebut bikin kita makin cinta sana Allah, bikin kita makin peka dengan nikmat dan kebesaranNya. Namun jika mamak kuat untuk menyelesaikan 1 juz sehari nggak apa-apa kok. 


Tips bagi yang ingin khatam 1 juz sehari, bacalah alQur'an 2 lembar per tiap waktu solat. Heuheu~

Membuat Qur'an Journaling

Bagi mamak yang ingin makin meresapi makna alQur'an. Mamak bisa melakukan Qur'an Journaling. Dari seluruh ayat yang mamak baca, kira-kira ayat mana sih yang bikin mamak paling melting. Nah bisa deh tuh selanjutnya dicoba untuk lebih diresapi. Dituliskan insight apa yang mamak dapatkan dari ayat tersebut. Kemudian perubahan apa yang mamak ingin lakukan selanjutnya. Kurang lebih begitu. 


Dengan membuat Qur'an Journaling, insyaa Allah bikin mamak jadi lebih cinta dengan keagunganNya. 

Menyimak Kajian

Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang baik, nggak ada salahnya untuk membuat slot waktu lebih banyak dalam menyimak kajian. Kadang memang nggak mudah bagi kita untuk memiliki banyak waktu guna menyimak kajian. Apalagi mamak yang dengan segudang kegiatan tiap hari yang rasanya aktivitas harian nggak ada habisnya. 


Namun saya rasa menyimak kajian nggak harus tiap hari deh. Nggak harus juga kajian yang sampai berjam-jam. Karena biasanya kalau Ramadhan gini kan ada aja tuh kajian yang konsepnya kultum gitu. Meski singkat, namun jika pematerinya epic pasti bisa bikin kita jadi kayak dapet pencerahan. Insyaa Allah~

Membaca Buku

Membaca buku bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan bermanfaat di bulan Ramadhan. Mamak bisa nih memanfaatkan waktu untuk menghabiskan buku-buku di rumah yang belum terbaca apalagi belum dibuka segelnya 🤣. Pilihlah buku yang dirasa sangat dibutuhkan untuk jiwanya mamak. 

Menulis

Nah, biasanya bulan Ramadhan gini ada aja komunitas menulis/blogger yang mengadakan tantangan menulis selama Ramadhan. Seperti tantangan menulis yang dilakukan oleh Blogger Perempuan Network. Mamak bisa nih ikutan untuk mengasah kemampuan menulis ataupun mengisi blog yang sudah mulai berlaba-laba 😂. Selain bisa mengasah kemampuan menulis, mamak juga bisa mendapatkan hadiah dari jika sudah memenuhi syarat. Hihi. 


Nah, itu deh 5 kegiatan bermanfaat yang bisa mamak lakukan saat Ramadhan. Mamak punya ide lain? Share ya~


Posting Komentar

0 Komentar