Tags

Cerita Toilet Training Part 2

 

Kembali lagi dengan cerita toilet training nya Kanjeng Ratu Hening 🤣🤣🤣. 


Lagi-lagi ini bukan cerita sukses sudah tuntas bin lulus toilet training yaaa. Melainkan saya ingin mencatat proses dan progres yang kami alami selama masa toilet training ini. 


Sengaja bikin disclaimer dulu biar nggak ada yang kecelek. Ntar dikiranya ini adalah cerita sukses tuntas toilet training. Ealah tibaknyaaa bukan 🤣🙏. 


Meskipun belum sukses dan tuntas, setiap usaha dan keberhasilan kecil tetap harus saya apresiasi dong ya. Menuliskannya adalah cara saya mengapresiasi diri saya dan juga Hening sebagai pelaku toilet training 🙃. Walau tentu sebenarnya setiap keberhasilan adalah berkat rahmatNya. Usaha yang saya lakukan hanya setitik debu di semesta rahmatNya. Hehehe


Progres apa nih yang sudah dicapai? 

Setelah menapaki anak tangga pertama. Alhamdulillah proses toilet training nya Hening sudah naik ke anak tangga kedua. Sebelumnya saya sudah pernah bercerita tentang bagaimana saya mengawali toilet training nya Hening


Pada awalnya cara tersebut memang memudahkan saya dan sangat less-stress. Akan tetapi ketika Hening memasuki fase serba menolak, serba nggak mau, NGGAK MAU, NGGAK MAU. Hahahahha. Saya mulai overwhelmed dengan penolakannya. Hahaha. Proses yang awalnya less-stress malah jadi super stress 🤣🤣. 


Soalnya tuh ya beberapa kali Hening bilang mau pipis, tapi pipisnya udah keluar duluan dikit di popoknya. Lalu dia lanjut pipis di toilet. Kalo kayak gini kan bikin buang-buang popok ya. Karena cuma dipipisin dikit lalu dibuang. Mamak ekonomis macam saya nggak mau rugi dong 🤣🤣🤣. 


Padahal sebelumnya udah diajakin untuk pipis di toilet. Tapi dia menolak terus. Sampe-sampe saya streeesss banget ngajakin dia pipis ke toilet 🤣🤣. 


Kemudian saya berpikir, mungkin ini adalah sinyal untuk naik tingkat. Karena nggak mungkin sebuah proses hanya stuck kayak gini-gini aja. Hingga akhirnya saya memberanikan diri untuk berhenti memakaikannya popok sepanjang pagi hingga sebelum tidur malam. Hening hanya pakai popok saat tidur malam hari saja. 


Sebenarnya saya agak khawatir nih kalo Hening bakalan kelepasan pipis pas main di kasur. Nggak kebayang gejolak emosinya saya kalo doi sampe pipis di kasur. Wkwkwk. Walau sebenarnya hal itu wajar ya, namanya anak lagi belajar. Tapi saya mana syangghup kalo harus bolak balik cuci sprei dan jemur kasur🤣. Tapi alhamdulillah sejauh ini Hening ngompolnya pas main di lantai 😂. 


Pernah sih doi ngompol di kasur pas lagi tidur siang. Alhamdulillahnya cuma sekali itu aja. Mungkin karena hari itu dia capek banget. Semoga cukup sekali itu aja sih. Hehehe. Emang dasar saya tuh ya males repot 🤣🤣🙏. 


Ada cerita lucu ketika kami mulai berusaha untuk naik tingkat. Ketika hari pertama Hening lepas popok, tetiba doi ngompol pas saya lagi ambil makan untuk buka puasa. Tapiiii karena air pipisnya mengucur deras, dia sampe bingung kok tetiba ada air dibawahnya 🤣🤣🤣. Dengan wajah bingung dia bilang, "Lho. Lho. Lho. Air, bu. Air." 🤣🤣🤣🤣🤣. Ekspresi macam ini terjadi tiap kali dia ngompol 😅.


Sebenarnya momen tersebut tuh lucu. Tapi saya nggak mungkin ketawa depannya dia. Sehingga saya hanya bisa menatap nanar ompolnya dia. Hahahahaha. Tapi saya rasa ngepel ompolnya saat itu lebih effortless ketimbang ngebujuk dia buat ke toilet 🤣. 


Alhamdulillah, momen ngepel ompol hanya berlangsung 2 hari saja. Setelah itu Hening mulai bisa mengenali sinyal ingin pipis dengan baik. Good job, Hening 😙. Tapi jangan dikira setelah itu Hening sama sekali nggak pernah ngompol lagi. Tentu pernah, sesekali. Ketika dia bener-bener nggak tahan pipisnya. Tapi biasanya cuma keluar dikit. Setelah itu dilanjut di toilet 🤣🤣. 


Untuk pup nya alhamdulillah dari pertama menjalankan toilet training, Hening sudah konsisten pup di toilet. Walau pada awalnya dia belum bisa bilang kalo mau pup. Tinggal liat ada gelagat mau pup, langsung saya ajak ke toilet. Lama-lama dia mulai bisa bilang kalo mau pup. Walaupun istilah pup yang awalnya disebut mput berubah menjadi mau pipis 🤣🤣🤣🤣🤣🤣. 


Eh tapi baruuu aja pagi ini kejadian, Hening pup di popok dalam keadaan tidur 🤣. Kayaknya doi udah nggak tahan banget sampe-sampe doi pup di popok. Alhasil langsung saya boyong aja ke kamar mandi dalam keadaan tidur buat cebokin. Alhamdulillah nggak rewel. Doi konsisten berdiri dalam keadaan merem sambil memeluk saya 😂😂😂. Tau aja doi kalo itu popok terakhirnya. Mungkin dia mau kasih kenang-kenangan sebelum nantinya full pake clodi hingga akhirnya lulus per-popok-an duniawi 😂. 


Dalam proses naik tingkat dari yang awalnya tetap pake popok, lalu lepas popok, hal yang saya pelajari banget adalah : percayalah pada anakmu. Namanya anak lagi belajar pasti melalui fase ngompol sana sini. Namun setelah itu dia jadi belajar mengenali sinyal ingin pipis dan dimana harusnya pipis. Sehingga nantinya kalo pingin pipis pasti bilang kok dan langsung ke toilet. Hho. Jadi nggak perlu capek-capek ngerayu buat ngajakin dia ke toilet. Hho


Tantangan apa yang dihadapi di fase kedua ini? 

Tantangan untuk saat ini adalah, apa ya? Berhenti pakein Hening popok pas tidur kali ya. Karena saya pribadi masih belum mau berhadapan dengan ompol ataupun pup di celana😅😅. Apalagi kalo ngompol/pup-nya tengah malam, lalu dia terbangun karena nggak nyaman dengan ompolnya sendiri. Kemudian pas mau bersihin badannya dan gantiin pakaiannya, kemungkinan bakalan nangis 😅. 


Sehingga sementara ini nggak apa-apalah pakein popok dulu. Nanti pelan-pelan di sounding biar doi pipisnya di toilet meski harus kebangun tengah malam 😅. Sebenarnya tiap sebelum tidur, Hening saya ajak pipis dulu. Tapi pada kondisi tertentu, dia masih pipis di popok kalo tengah malam gitu. 


Tapi sejauh ini saya perhatikan, sebenarnya Hening sudah jarang banget lho pipis di popoknya. Sesekali aja kalo pas cuacanya agak dingin atau mungkin karena dia minum banyak sebelum tidur. Makanya deh sejak bulan Mei saya udah nggak beli popok lagi. Jadinya cuma ngabisin sisa stok yang di rumah. Kalo sudah habis tinggal pakein clodi. Hhi


Alhamdulillah, budget beli popok bisa buat yang lain. Hho


Tantangan lainnya adalah ngajakin Hening buat pipis setelah bangun tidur 🤣. Soalnya tuh popoknya kan masih kering. Berarti dia nahan pipis semalaman. Sehingga bangun tidur baiknya langsung pipis. Lha kalo Hening nggak, eh. Dia main dulu baru pergi pipis kalo dia sudah mulai merasa kebelet 😅😅😅. 


Trik agar Hening mau diajak pipis sebelum tidur

Ngajak Hening ke toilet bagi saya bukan perkara mudah. Kadang kudu gelut dulu sama doi biar dia mau ke toilet 🤣. Tapi ada 1 trik yang insyaa Allah dia ga bakal nolak yaitu ngajakin dia sikat gigi di kamar mandi. Setelah itu pipis. 


Nah, kalo gini gampang banget ngajaknya. Sungguh sangat effortless. Alhamdulillah. Namun tentu hal ini lebih karena rahmat Allah sih ya. Hho


Refleksi Toilet Training

Sejujurnya saya nggak tau seberapa lama toilet training berlangsung. Apakah 1 bulan? 2 bulan? Atau mungkin juga 1 tahun? Namun yang pasti, progres yang dialami Hening tidak akan saya bandingkan dengan siapapun. Karena setiap anak pasti memiliki progresnya sendiri-sendiri. Ada yang cepat dan ada yang lambat. Tidak ada yang lebih baik karena yang penting adalah adanya kemauan untuk mencoba. 


Selain itu, ternyata penting banget untuk memberikan kepercayaan ke anak bahwa dia mampu buang air di toilet meski masih harus dibantu. Sehingga nggak perlu banget bolak balik ngajakin dia pipis. Dia tau kok kapan harus pipis. Hho. 


Lalu saya rasa perlu juga bagi anak mengalami konsekuensi ketika ia mengompol. Dengan begitu dia jadi tau bahwa ternyata ketika mengompol bikin celananya basah, bikin lantai jadi basah dan licin, bikin nggak nyaman. Selain itu juga bikin harus bolak balik bersihkan ompol. Sehingga dengan begitu dia belajar untuk tidak ngompol lagi meski secara perlahan. 


Harusnya mindset ini juga yang saya pasang ketika akan melepas total penggunaan popoknya. Dengan konsekuensi harus ganti sprei dan jemur kasur. Tapi untuk saat ini sepertinya saya belum siap. Jadi tunggu saya siap aja. Hahahahah


Kemudian saya rasa cara untuk memulai dan menjalani toilet training pada tiap orang itu beda. Cerita yang dibagikan oleh orang lain bisa dijadikan inspirasi. Namun mana yang cocok untuk kita terapkan itu tergantung kesanggupan kita dan juga kondisi anaknya. Lagi-lagi tiap anak itu beda dan unik. Tinggal gimana kita bisa melihat celah untuk menentukan cara yang seperti apa yang sekiranya agak memudahkan. Hho


Ya, segitu dulu deh cerita soal toilet training nya Hening. Insyaa Allah nanti akan kembali bercerita setelah Hening lulus, bener-bener lulus toilet training. Hahaha. 


Do'akan ya semoga Hening bisa segera lulus toilet training. Xixixixi. 


Mungkin ada teman-teman yang ingin berbagi cerita juga? Siapa tau bisa jadi inspirasi bagi saya. Hho

Emiria Letfiani
A Wife, A Mom, A Storyteller

Related Posts

Post a Comment