Tags

Otak Buntu Untuk Menulis

 


Akhir-akhir ini saya merasa otak saya kopong banget. Terutama ketika saya sedang menulis untuk diunggah ke blog. Padahal sudah bikin bank ide buat tulisan. Terus ada beberapa topik tulisan yang sudah saya buat outline nya. Ketika eksekusi, wakwaaaawww, semua ambyar seketika 🤣. 


Kepala langsung mumet. Bingung mau mulai kayak gimana. Bingung mau merangkai kata kayak gimana. Bahkan juga saya sering banget lupa dengan istilah kata yang ingin saya gunakan 😭. Kenapa banget dah ini otak tetiba berasa kopong, keropos bin tak berisi 😭. 


Jadi thinking nih saya, apa jangan-jangan saya mengalami kondisi ini karena lupa baca basmalah ya?!😂


Ya, bisa aja kan Allah menegur saya dengan membuat saya mumet ketika menulis agar saya kembali mengingatNya? 


Eits, kok saya pede banget ngomong kayak gitu. Padahal mah aslinya ya emang saya aja sih yang sepertinya masih jauh dari kata mahir soal tulis menulis. Ya,emang nggak mahir 🤣. Wajar saja kalau misalnya saya sering mengalami writing block. Karena untuk bisa pandai menulis butuh jam terbang yang tinggi. Lha wong penulis handal saja pasti pernah bahkan sering mengalami writing block.


Saya rasa mengalami writing block adalah bentuk protesnya otak yang minta di refresh. Soalnya menulis itu kan kayak senam otak ya. Apalagi jika menulis ilmiah atau menulis yang butuh banyak referensi dan sejenisnya, pasti sangat memeras otak dan energi banget. Sehingga otak memberontak untuk minta disegarkan. Biar pas balik ngadep layar lagi, otak sudah segar, hati senang dan siap untuk diajak olahraga lagi 🤣. 


Tapi itu sih kalau penulis handal ya. Kalau orang yang cuma sekedar hobi nulis kayak saya dengan isi tulisan yang biasa-biasa saja kayaknya nggak sampe harus memeras otak banget deh. Emang saya aja nih kayaknya yang lebay bin sok mikir pas nulis. Padahal pas dibaca ulang ya tulisan saya tetap B saja, bahkan C- 🤣. Oh atau jangan-jangan E?! 🤣


Khan, mulai lagi deh nggak jelas dan garingnya 🤣


Sebenarnya saya pingin banget bisa unggah minimal 10 tulisan ke blog saya, setiap bulannya. Tapi ternyata menulis 1 tulisan saja rasanya kok kayak susah banget ya. Otak saya langsung buntu ketika memulai. Meski sudah ada topik yang ingin ditulis, namun merangkainya tidak mudah bagi saya. 


Selain lupa baca basmalah, sepertinya saya juga kurang membaca sih akhir-akhir ini. Karena modal utama untuk menulis kan banyak membaca. Membaca nggak hanya sekedar untuk mendapatkan referensi tulisan, tapi juga untuk mempelajari bagaimana si penulis itu memulai tulisannya, merangkainya dan mengakhirinya. Biar enak dibaca gitu lho reekk. 


Ya, semoga saja harapan untuk lebih rajin menulis bisa terwujud. Serta otak buntu saat nulis ini bisa teratasi dengan baik. 


Kalau kalian, bagaimana cara kalian mengatasi writing block


Emiria Letfiani
A Wife, A Mom, A Storyteller

Related Posts

Post a Comment