Tags

6 Menu Sahur Praktis

Sejujurnya saya tuh paling malas kalau harus makan tengah malam buta. Soalnya masih ngantuk dan magnet kasur rasanya besaaaarrr banget. Jadilah mau bangun buat sahur malah aras-arasen alias malas-malasan. Tapi kalau nggak makan sahur, bakalan lemas seharian. Sehingga makan mau nggak mau kudu makan sahur.


Eh, tapi ternyata makan sahur memiliki keutamaan yang sangat luar biasa ternyata. Sehingga setelah tau keutamaannya jadi lebih semangat untuk bangun sahur. Apa saja ya keutamaan dari makan sahur?


Keutamaan Makan Sahur

Mengambil dari berbagai sumber, kira-kira ada 7 keutamaan makan sahur yang perlu untuk kita ketahui. 


Pertama adalah makan sahur membuka pintu keberkahan. Seperti Rasulullah bersabda dari riwayat Anas bin Malik,”Makan sahurlah kalian, karena di dalam sahur itu ada berkah.” Wah, maa syaa Allah. Kelihatannya sepele cuma makan sahur, tapi bisa menjadi salah satu pintu keberkahan bagi yang menjalankannya. Tentu siapapun pasti ingin dong mendapatkan keberkahan yang berlimpah dari Allah 💚.


Kedua adalah sebagai pembeda dengan ahli kitab. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam agama lain pun ada yang berpuasa. Tapi mereka tidak menjalankan sahur. Sehingga untuk membedakan antara umat muslim dengan ahli kitab, maka kita perlu untuk menjalankan sahur.


Ketiga adalah saat waktu sahur para malaikat turun ke Bumi dan berdo’a kepada Allah untuk memintakan ampunan bagi mereka yang makan sahur. Sebagaimana Baginda Rasulullah bersabda diriwayatkan dari Abu Sa’id al Khudri ra, bahwa: "Sahur itu makanan yang berkah, maka dari itu janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya dengan meneguk setengah air, karena Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang melaksanakan sahur." Maa syaa Allah!


Keempat adalah makan sahur bernilai ibadah jika diniatkan untuk ketaatan kepada Allah. Maa syaa Allah. Ternyata bangun untuk makan sahur bisa menjadi salah satu ikhtiar kita untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah.


Kelima adalah bentuk meneladani Rasulullah. Karena tentunya Rasulullah sendiri melaksanakan makan sahur. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Ahzab : 70 yang berbunyi,”Dan barangsiapa yang menaati Allah dan RasulNya, maka sungguh ia telah mendapatkan kemenangan yang besar.” 


Kalau dipikir-pikir ya juga sih. Karena jam makan sahur itu kan tengah malam menuju fajar. Jam segitu pas lagi enak-enaknya tidur tuh. Tapi Allah men-sunnah-kan untuk makan sahur biar puasanya lancar dan bentuk meneladani Rasulullah. Sehingga bangun makan sahur dan melawan rasa malas dan kantuk adalah bentuk kemenangan bagi kita. Oleh karenanya kita sebagai umatnya juga perlu untuk meneladani apa yang beliau lakukan. Karena pada akhirnya manfaat dan kebaikan dari makan sahur diri kita sendiri yang akan merasakan.


Keenam adalah untuk menguatkan fisik dan menambah semangat dalam berpuasa. Seperti yang kita ketahui bahwa berpuasa itu nggak hanya menahan makan dan minum selama 2 atau 3 jam, melainkan dari sebelum subuh sampai menjelang magrib atau sekitar 13 jam. Lama banget kan tuh?! Apalagi segala aktivitas yang kita kerjakan sebelum Ramadhan harus tetap berlangsung di bulan Ramadhan. Sehingga kita tetap butuh asupan nutrisi agar kita tetap beraktivitas dengan lancar dan semangat!


Ketujuh adalah makan sahur menjadi pintu untuk bersodaqoh. Sejujurnya saya pribadi masih berusaha memahami maksud dari “pintu untuk bersodaqoh”. Akan tetapi dari pemahaman pendek saya, ada beberapa bentuk sodaqoh yang muncul dari aktivitas makan sahur.  Pertama adalah sodaqoh untuk pedagang lauk dan sayur. Entah itu kita beli dalam keadaan sudah matang ataupun masih mentah dan diolah di rumah. Kedua adalah sodaqoh untuk diri sendiri. Karena dengan makan sahur artinya kita merawat diri kita sendiri. Sehingga itu bentuk sodaqoh untuk diri. Yang ketiga adalah sodaqoh untuk keluarga. Apalagi jika temans adalah “chef dalam rumah”, tentunya kudu bangun buat masak buat sahur dong. Nah, aktivitas masak buat sahur untuk keluarga bernilai sodaqoh yang tentunya akan menambah pundi amalan baik ya. Insyaa Allah.


Tapi kadang memang nggak bisa dipungkiri ya ada rasa-rasa malas untuk bangun tengah malam. Terus kudu masak pula. Apalagi waktu yang digunakan untuk masak tuh nggak sedikit. 


Eits, tenang! Ada 6 menu sat set wat wet yang bisa dimasak untuk sahur. Cikidooott~


Menu Sahur Praktis

🍉 Telur Goreng dan Sayur Bayam

Dok. Pribadi

Ini menu paling super gampil yang bikinnya benar-benar sat set wat wet. Tinggal nyeplok telur, terus bikin sayur bayam. Ya tau sendiri dong sayur bayam kan tinggal dicuci, cemplungin ke air mendidih. Terus setelah matang, matikan kompor lalu beri garam. Udah deh, gitu doang. Tinggal makan kan? Hahahha


Akan lebih mantap jika ada sambal terasi, tapi yang nggak pedas. Biar lambung nggak demo ya, gaes. Hhi. Tentu sambalnya bisa dibikin sehari sebelumnya. Siapa tau ada yang butuh, resepnya pernah ku share di Cookpad


🍉 Telur Rebus dan Buah

IG Masakan Menu Diet

Ini sih menu andalan saya ya. Karena nyiapinnya nggak pake mikir. Tinggal rebus telur 1 aja cukup dan potong-potong buah. Kalau mau tambahan energi, buahnya bisa ditambahin 1 sendok madu. Kalau saya sih pakainya Madu Onggu. Saya pakai merk ini sejak tahun 2019. 


🍉 Asam-asam Daging Kuah Kuning

Dok. Pribadi

Mungkin masak perdagingan ini rada ribet ya. Karena harus motong daging dan iris/haluskan bumbu. Nah, tapi kalau pingin sahur pakai asam-asam daging kuah kuning, bisa bikin pas untuk berbuka. Terus sisihkan untuk sahur, masukin kulkas. Ntar pas sahur tinggal dipanaskan.


Masak asam-asam daging kuah kuning ini mudah banget kok. Tinggal iris bawang merah dan putih, potong tomat sesuai selera, daun jeruk dan daun salam. Terus bumbu-bumbu tersebut ditumis dengan minyak panas sampai wangi. Setelah itu masukkan air. Setelah mendidih masukkan daging dan tunggu hingga matang. Terus masukkan juga kunyit dan ketumbar bubuk. Udah gitu doang. 


Kalau mau lebih asam, bisa tambahkan belimbing wuluh. Duh, auto bikin makan sahur lahap banget daaah. Soalnya kapan lalu saya sahur pake asam-asam daging. Maa syaa Allah nikmatnyooo tiada tara.


🍉 Sop Sayur dan Ayam

Dok. Pribadi

Sop sayur dan ayam juga sebenarnya cukup mudah untuk dibuat. Karena bumbunya cuma bawang putih cincang, lalu tumis hingga wangi. Setelah itu masukkan air dan tambahkan merica bubuk. Setelah mendidih masukkan daging ayam dan tunggu hingga empuk. Setelah itu baru deh masukin potongan sayur, bawang pre dan seledri. Kalau sudah matang. Kompor dimatikan dan beri garam. Mudah kan? 


Makan sahur pakai sop pasti berasa segeeerr. Xixixi.


🍉 Nugget

Fimela

Kalau pas waktu udah mepet to the max, sesekali bisalah sahur pakai nugget. Entah itu nugget homemade ataupun beli di swalayan atau toko terdekat. Kan ada banyak banget tuh merknya. Sehingga tinggal kita goreng aja deh. Untuk sayurnya mungkin bisa masak sayur bayam biar cepat. Atau kalau udah mentok banget, bisa pake potongan mentimun udah enak banget dah tuh.


🍉 Tahu Tempe Goreng

Halodoc

Selain nugget, ada juga tahu tempe yang lebih ekonomis tapi tetap enak untuk disantap saat sahur. Lagi-lagi untuk sayurnya lebih enak sayur bening sih ya sebagai pendamping. Mudah banget kan?


Tips biar masak saat sahur jadi lebih sat set wat wet adalah tentu food preparation atau singkatnya food prep. Karena dengan food prep, kita tinggal cemplang cemplung nggak repot motong-motong dulu. Hhi


Itu deh sekilas tentang makan sahur mulai dari keutamaan sampai sharing resep yang super sederhana. Wkwkwk.


Maa syaa Allah, ternyata makan sahur tuh benar-benar memiliki keutamaan yang luar biasa ya. Meski hukumnya sunnah, tapi jika dijalankan akan menjadi pintu keberkahan yang luar. Sehingga kita perlu untuk melaksanakannya, meski berat. Tapi perlu diingat bahwa makan sahur juga bagian dari ibadah. Mana tau jadi penambah beratnya amal kebaikan kita di akhirat. Insyaa Allah.


Jangan lupa untuk selalu makan sahur ya. Meski dengan lauk super sederhana seperti tahu tempe. Tapi bisa memberikan efek luar biasa baik untuk dunia maupun akhirat. Baik untuk fisik, juga untuk batin. Eh, tapi kita jangan menyepelekan tahu tempe dong ya. Karena kedua makanan tersebut punya kandungan gizi yang baik. Hhi


Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang keliru, mohon bantu luruskan ya. Makasih~

Emiria Letfiani
A Wife, A Mom, A Storyteller

Related Posts

Post a Comment