Tags

Simple Self-Care for A Better Self

 

Setelah sebelumnya curhat tentang roller coaster emosi yang saya alami sepanjang 2023 kemarin. Sebenarnya bukan hanya di tahun 2023 sih, tepatnya 2 tahun pertama jadi ibu. Hahahahaaaa. Nah, sekarang saya mau cerita tentang self-care sederhana yang saya lakukan 3 bulan terakhir ini (semoga istiqomah), demi bisa menjadi ibu lemah lembyut seperti ummanya Nussa Dan Rara 🤣🤣🤣🤣.


Emang bisaaaa? Ya, ikhtiar aja dulu 🤣. Ingat pesan Pak Faiz bahwa orang baik itu bukan hanya orang yang sudah melakukan banyak kebaikan. Tapi juga orang yang terus berusaha memperbaiki diri. Kurang lebih begitu nasihatnya. Kalo saya salah, tolong diingatkan ya. Hihi.


Apa aja tuh ikhtiarnya? Cikidoooott~


#1 Tidak Begadang

Selama 2 tahun pertama menjadi ibu, hal yang paling saya kangenin adalah tidur nyenyak dan lama. Wkwkwk. Apalagi 6 bulan pertama setelah melahirkan, tiap 2 jam saya harus menyusui. Maka mau nggak mau tengah malam pun saya harus bangun untuk menyusui. Tugas ini tentu nggak bisa saya delegasikan ke suami saya, karena saya menyusui secara langsung. 


Alhasil dengan kualitas tidur yang buruk, saya merasa mudah berubah menjadi makhluk mitologi. Udah gitu juga badan jadi gampang capek. Lemah, letih, lesu lah pokoknya. Padahal jaman kuliah hampir tiap hari begadang. Tapi kok begadang ketika jadi emak terasa berbeda. Mungkin faktor U juga yang menyebabkan ya. Kalo dulu kan masih muda, masih menggebu-gebu. Sekarang mah udah kepala 3, bawaannya pingin turu ae 😆.


Sebenarnya sebelum ada Hening, saya udah mendapatkan pengetahuan terkait pentingnya tidur berkualitas bagi ibu dari Self-Care Projectnya Mbak Farda. Cuma setelah menjadi emak kok terasa syulit ya untuk dilakukan. Terutama di masa menyusui. Untuk 6 bulan pertama memang masanya begadang sih. Namun ketika masuk fase MPASI seharusnya udah mulai berkurang begadangnya. Tapi karena Hening sering bangun tengah malam dan langsung disusuin adalah jalan ninja bagi saya, jadinya selama masa menyusui saya nggak pernah punya waktu tidur yang berkualitas. Nah, ini mungkin bisa jadi bahan evaluasi bagi saya terkait proses menyusui Hening kemarin.


Setelah saya berhasil menyapih Hening secara tuntas. Saya mulai mengusahakan untuk tidur lebih cepat maksimal jam 10 malam. Nggak boleh begadang apalagi buat nonton drakor. Pokoknya jam 10 malam harus udah lepas HP ataupun nggak ngelakuin hal lainnya. Walau kenyataan tak selalu sesuai harapan. Kadang ya turu jam 10 lewat jelang jam 11 karena masih mantengin berita. Meski sudah tidur lebih awal, kadang tidur kurang nyenyak karena anaknya bolak balik kebangun entah minta minum, kegerahan, minta digaruk atau mungkin karena sakit. 


Begitulah, punya anak usia balita. Tidur nyenyak dan lama menjadi impian para emak-emak 🙃. Atau cuma saya aja ya?


Untuk diri saya pribadi dengan kondisi emosi yang kadang nggak stabil, tidur lebih awal dan berkualitas menjadi penting. Karena hal ini akan mempengaruhi mood saya di hari esoknya. Sama lah kayak anak-anak kalo tidurnya nggak nyenyak bikin dia jadi mudah tantrum 😆. Selain itu saya juga menjalankan amanah surah An-Naba yang bilang,"dan Kami jadi tidurmu sebagai istirahat (9) , dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian (10)."


Ahaaaayy, isoookkkk ae alesan!!!!! Maaf ya Allah 😂🙏


Tapi memang banyak penelitian yang membuktikan bahwa memiliki tidur berkualitas dan tidak begadang sangat penting untuk kesehatan fisik, mental dan kestabilan emosi. Penelitian ini ga usah dibantah dengan kemampuan Cak Nun yang meskipun sering begadang tapi masih sehat sampai sekarang. Bahkan daya ingatnya, mentalitasnya dan emosinya masih oke sampai saat ini. 


Ingat! Nggak semua orang punya keilmuan kayak Cak Nun dalam mengatur tubuh, jiwa, pikiran, perasaan dan batinnya. Heuheu~


#2 Journaling

Sebenarnya kegiatan menulis jurnal bukan hal baru bagi kebanyakan orang. Pasti banyak dari teman-teman semua sudah mengerjakannya. Akan tetapi untuk menjadikannya bagian dari rutinitas ternyata nggak mudah. 


Nah, gegara nonton youtube tentang morning pages, saya jadi termotivasi untuk menulis jurnal secara rutin. Setiap hari. 


Sebenarnya morning pages ini sependek pemahaman saya, setiap pagi kita menulis sebanyak 3 halaman full semua yang ada dipikiran kita. Umumnya sih berisi gagasan gitu biar apa yang terlintas dipikiran nggak nguap gitu aja. Sehingga perlu dituliskan agar nantinya bisa dieksekusi. 


Lalu saya menggunakan metode morning pages tersebut dalam kegiatan menulis jurnal. Pada awalnya sih saya nulisnya tiap pagi. Tapi lama-lama sulit juga nulis 3 halaman penuh ketika pagi hari, karena keduluan Hening bangun 😆. Jadilah saya nulis jurnal ketika saya benar-benar longgar dan saat Hening tertidur. Karena bagi saya nulis jurnal ini butuh kesunyian biar nggak terdistraksi 😆.


Jika morning pages biasanya berisi gagasan, kalo saya lebih seringnya buat nyampah. Ya, menulis jurnal adalah ruang bagi saya untuk menyalurkan seluruh sampah emosi saya. Saya tuliskan apa yang saya pikirkan dan rasakan secara detail biar lega. Karena menurut Daniel J. Siegel, penulis buku The Whole-Brain Child, dengan mendetailkan apa yang kita rasa dapat melegakan hati dan pikiran. Walau konteks tulisan ditujukan untuk mengelola emosi anak. Tapi ternyata pada praktiknya sangat manjur buat orang dewasa juga 😆😂.


#3 Membaca

Kegiatan membaca saya masukkan ke dalam kegiatan self-care yang saya lakukan karena membaca adalah sesuatu yang saya sukai. Tentu kebanyakan dari teman-teman sudah rutin membaca setiap hari. Tapi tidak dengan saya yang mana beberapa tahun ini, baca buku hanya ketika good mood saja 😂.


Dengan rutin membaca tiap hari, saya jadi punya bahan refleksi untuk dituliskan di jurnal. Selain itu juga jadi nemu banyak sentilan untuk diri saya sendiri 🤪. Dan saya merasa sepertinya saya lagi butuh banyak baca buku yang isinya pengingat gitu deh biar lebih tercerahkan 😂.


Baiduwei, bulan ini saya lagi baca bukunya Yasmen Mogahed yang berjudul Reclaim Your Heart. Bagus banget cuy. Cucok buat yang lagi butuh healing.


#4 Olahraga

Olahraga jadi kegiatan yang sulit bagi saya untuk dirutinkan. Sebelum-sebelumnya udah sempat nih pingin rutin aerobik, meski di rumah aja. Tapi masalahnya baru aja mulai, Hening udah nemplok kaki. Alhasil ga jadi senam 😂. Ya emang sih baiknya mungkin olahraga diluar tanpa anak. Tapi kondisi saya ya ga bisa gitu. Anak saya mau dititip ke siapaaa 😆. Sedangkan suami saya kan tiap minggu shift kerjanya berganti. Heuheu~


Nah, setelah Hening umur 2 tahun baru deh saya bisa olahraga dengan leluasa. Bahkan Hening selalu ikutan kalo saya lagi senam. Tapi baru benar-benar bisa rutin dan konsisten untuk saya lakukan 3 bulan terakhir ini.


Pada awalnya saya melakukan senam aerobik 15-30 menit. Tapi kok saya ngerasa senam 15 menit doang, misalnya, berasa lamaaaaa banget. Wkwkwkw. Terus saya coba cari jenis olahraga lain dan nemu cardio dance. Ih, ternyata seru yaa. Jadi ketagihan. Terus nyobain yoga dan ternyata lebih enakeun lagi.


Sebelumnya saya sudah sering yoga ngikutin videonya Yoga with Adriene , tapi emang ga rutin sih. Terus cari kanal video yoga lainnya dan nemu penyoga lokal dengan nama kanal Penyogastar. Videonya singkat-singkat dan gerakan yoganya juga sederhana, cocok untuk pemula tidak lentur macam saya. Wkwkwk


Biasanya saya yoga sebelum tidur malam. Tentu Hening juga ikutan yoga dengan gerakan sebisanya 😂. Dia paling semangat kalo udah waktunya yoga. Bahkan dia sering ngopyak ayahnya untuk ikutan yoga dan seringnya bertindak layaknya instruktur yoga 😆.


Alhamdulillah setelah rutin melakukan yoga 15 menit sehari, badan terasa lebih segar, bugar dan no jompo-jompo club. Karena sebelum rutin yoga, badan saya berasa banget tuh gampang letih. Terus tiap bangun tidur badan berasa nggak bugar dan kebas di kaki. Sekarang alhamdulillah biidznillah berasa lebih segeerr. 


Memang ya badan tuh butuh dipelintir dan ditarik-tarik biar otot-ototnya nggak tegang. Selain itu saya juga teringat tulisan Ki Hajar yang bilang kalo kehidupan berumah tangga itu butuh jasmani yang kuat. Sehingga tiap individu perlu berolahraga agar jasmaninya kuat. Itupun konteks tulisan Ki Hajar sebenarnya membahas pendidikan yang mana dalam proses pendidikan perlu ada kegiatan olah raga. Gituuu~


Terus juga saya keinget dengan talkshow Teh Euis tentang Manajemen Waktu. Pada saat itu beliau juga membahas tentang emosi ibu yang mana cara untuk menstabilkan otak bagian amygdala (bagian otak emosi) dan menaikkan prefrontal cortex kita adalah dengan bergerak teratur atau berolahraga. Penjelasannya panjang, intinya mah buat ngurang-ngurangi ngereog adalah dengan berolahraga yang teratur.


Saya olahraganya di rumah aja. Cukup dengan ngikutin video di youtube. Kadang olahraga pake daster. Wkwkwkwk. Tapi yang penting bagi saya adalah adanya kemauan untuk bergerak. Kalo nunggu ada waktu buat ke pusat kebugaran kok rasanya kelamaan ya. Mending bergerak sekarang dengan daya yang saya bisa. Saya anggap ini adalah langkah kecil saya untuk fisik dan mental yang lebih sehat. Heuheu~


Saya olahraga tujuannya bukan buat langsing. Tapi biar badan terasa bugar dan nggak ngereog terus 😆.


#5 Tahajud

Last but not least dan ini yang paling penting untuk kesejahteraan batin yaitu sholat tahajud. Sebenarnya nggak cuma tahajud aja sih, ibadah lainnya juga baik untuk dilakukan. Tapi bagi saya tahajud adalah sholat yang paling berat karena kudu bangun tengah malam disaat tidur lagi nikmat-nikmatnya 😂. Itulah kenapa saya berusaha untuk tidak begadang, ya biar bisa bangun tahajud. Walau pada kenyataannya untuk bisa rutin tuh beraaaaattttt banget yaa, buibu sekalian.


Meski berat, tapi perlu diusahakan sih ya. Karena tahajud adalah salah satu hal yang saya usahakan untuk membersihkan jiwa saya yang keruuuhh dan berbau banget. Sungai di Sidoarjo yang keruh dan bau aja kalah sama keruhnya jiwa saya 😂. Sehingga saya berusaha banget untuk rutin tahajud. Meski kenyataannya ada bolongnya karena gatau alarm bunyi 😆. 


Btw, saya bercerita soal sholat tahajud bukan bermaksud riya'. Meski melakukan hal ini, bukan berarti saya udah baik. Masih jauhlah dari kata baik. Banyak zalimnya saya mah ama diri sendiri 🙃.

Nah, itu deh self-care sederhana yang saya lakukan. Walau tentu ada hal lain juga yang saya usahakan seperti minum air mineral yang cukup, pake skincare, minum madu, dan berjemur. Termasuk nulis di blog juga saya jadikan sebagai aktivitas self-care saya.  Walau aktivitas ini baru diniatkan untuk dirutinkan tahun ini. Wkwwk. 


Untuk menentukan kegiatan self-care apa saja yang ingin saya rutinkan. Saya bertanya ke diri saya sendiri, saya kenapa? Apa yang terjadi dengan saya? Kenapa bisa terjadi demikian? Apa yang saya butuhkan? Apa yang membuat saya happy dan bersemangat? Apa yang membuat saya merasa berdaya? Dan apa hal yang saya sukai? Setelah melakukan refleksi (eheeemm, sok-sokan) dan ketemulah kegiatan-kegiatan tersebut. 


Memang bukan kegiatan yang wah gitu. Cuma kegiatan biasa yang udah biasa dilakukan banyak orang. Bahkan orang lain sudah melakukan sejak lama. Tapi saya baru mulai merutinkan dan nggak masalah jika terasa telat asalkan punya kemauan untuk berubah menjadi lebih baik.


Nah, untuk menyemangati diri saya agar konsisten menjalankan kegiatan self-care tersebut, saya bikin semacam bullet journal tapi di spreadsheet. Semacam habit tracker gitu lah ya. Terus saya masukkan tanggal dan kegiatan yang saya ingin konsisten menjalankannya. Dengan begitu saya jadi tau apakah saya bisa konsisten atau nggak. Tapi dikerjakannya secara sungguh-sungguh, nggak cuma sekedar biar bisa dicentang di habit tracker.


Saya ngisi habit tracker ini cuma 2 bulan. Setelah itu nggak saya isi lagi karena alhamdulillah kegiatan tersebut sudah menjadi bagian dari rutinitas. Tentu kadang ada hari dimana saya nggak nulis jurnal, nggak olahraga dan lain-lain. Tapi nggak apa-apa, asal jangan kebablasan aja. Hahaa


Untuk efek samping dari kegiatan self-care yang sudah saya lakukan, alhamdulillah lah ya. Lumayan bikin rada kalem duikiiiittt aja. Nggak apa-apa meski duikit puol asalkan ada ikhtiar menjemput pertolongan Allah. Karena saya bukan ibunya Nabi Musa yang dengan berdo'a, Allah mudahkan dirinya untuk mengelola emosinya dengan baik. 


Namun saya hanyalah hamba yang keimanannya naik turun, tapi kebanyakan turunnya ketimbang naiknya 😆. Sehingga emang butuh usaha lebih besar dan keras. Bismillah, yes. Semoga Allah ridhoi. Namanya aja usaha, yang susah bagi saya tuh me-manage ekspektasi. Biar nggak berfokus pada hasil, tapi bagaimana menikmati proses dalam setiap usaha usaha. Heuheu~


Nah, itu deh cerita tentang kegiatan self-care yang saya lakukan. Saya rasa setiap orang mungkin kebutuhan akan self-care nya beda-beda. Silakan teman-teman cari tau apa yang teman butuhkan. Agar lebih semangat dalam menjalani hari dan sebagai bentuk syukur atas limpahan rahmatNya. 


Pokoknya ikhtiar aja dulu. Soal hasil biar jadi urusan Allah. Meski seringnya berharap biar ndang-ndang tampak hasilnya. Karena capek banget ngadepin diri yang masih mudah terbawa arus emosi 😂🙏.


Semangat!

Emiria Letfiani
A Wife, A Mom, A Storyteller

Related Posts

Post a Comment