Tags

Cerita Toilet Training


Sebelum memulai untuk bercerita, saya mau disclaimer dulu bahwa cerita toilet training ini bukan soal cerita sukses. Melainkan saya ingin menuliskan proses yang saya alami bersama Hening.


Tentunya saat ini Hening masih jauh dari kata sudah berhasil apalagi lulus toilet training. Masih permulaan aja dan perjalanan masih panjang. Namun semoga cerita ini memberikan manfaat bagi teman-teman yang baru akan memulai toilet training. Xixixixi


Jadi nih ya, gegara baca bukunya Bu Ani Ch yang berjudul Tuntas Kemandirian, saya jadi penasaran kayak apa sih rasanya menjalani toilet training nya anak?! Tapi  saya pribadi cukup sadar diri kalau saya orangnya gampang esmoni dan stres sehingga saya memilih untuk menjalani toilet training yang less-stress 🤣. 


Kayak apa tuh toilet training yang less-stress? 

Google image

Kita semua pasti tau bahwa idealnya kalau toilet training, anaknya nggak dipakein pospak ataupun clodi lagi. Biar anak bisa merasakan ketidaknyamanan ketika dia ngompol. Sehingga dengan demikian akan mendorong dia untuk pipis di toilet. Tapi sayangnya saya nggak setelaten itu buat ngepel ompol 😂🙏. Nggak kebayang juga kalo ngompol di kasur. Aduh, mak. Kayak apa itu mau bersihinnya


Mohon maaf, untuk saat ini saya belum siap berhadapan dengan ompol. Lha wong dulu pas Hening newborn saya cuma sanggup pakein popok kain sampai dia umur 3 minggu. Setelah itu full pospak 😂🙏. Sehingga, agar proses toilet training yang kami jalani bisa less-stress, maka Hening tetap menggunakan pospak. Kadang juga clodi. Tapi akhir-akhir ini lagi jarang pakai clodi karena performanya menurun jadi gampang bocor 😂🙏. 


Ya, saya tau kok toilet training yang saya jalani ini nggak sesuai teorinya. Tapi saya pribadi sih cukup sadar diri dengan kondisi emosi yang kadang suka gampang senggol bacok. Sehingga demi kewarasan jiwa raga saya, ya kami menjalani toilet training ini dengan cara kami. Eh, cara saya sih. Kan Hening cuma tinggal ngikut aja. Hahahah


Tapi saya pribadi juga penasaran gimana rasanya ngajakin anak bolak balik ke kamar mandi buat pipis. Serta gimana struggle nya ngajakin anak buat pup di toilet 😂. Ternyata seru juga yaa. Hihi


Bagaimana mengawalinya? 

Google image

Sebenarnya dulu pas Hening usia 10 bulan kalau nggak salah, Hening sudah bisa diajak pup di toilet. Itu pun awalnya karena dia pernah mengalami sembelit gitu. Tapi lama-lama Hening nggak mau lagi diajak pup di toilet. Dia malah nangis dan malah nggak jadi pup. Dari situ saya stres banget karena Hening nggak mau pup di kloset lagi. Padahal udah seneng karena Hening nggak pup di popok lagi.


Sejak dia mereog dan berujung nggak jadi pup. Akhirnya saya menyerah dan membiarkannya pup di popok 🥲. 


Setelah itu setiap kali Hening mandi, saya sounding ke dia kalau mau pup atau pipis ya di toilet atau kakus. Sambil nunjuk ke arah kakus. Gitu terus sampai akhirnya bulan Januari, setelah menyelesaikan bukunya Bu Ani, saya mulai ngajak Hening untuk pipis di toilet. Tapi ya gitu, untuk men toilet training anak umur 17 bulan yang belum bisa bilang kalau mau pipis itu nggak mudah 😂. Sehingga ibuk kudu rajin mantengin jam dan kudu nginget terakhir pipis jam berapa. 


Nah, untuk mengawalinya saya meminta Hening untuk pipis pas lagi mandi. Kalau dia pipis, saya bisa memperkirakan kapan ngajakin dia ke kamar mandi buat pipis lagi. Kalau nggak, ya coba lagi pas dia mandi selanjutnya 🤣. 


Pada awalnya saya ngajakin dia ke kamar mandi tiap jam, lalu ditingkatkan jadi tiap 1,5-2 jam. Terus saya usahakan juga sebelum napping atau tidur malam dia pipis dulu. Misalkan pas napping dia pipis, ya udah. Biarin aja. Toilet training nya dilanjut kalau sudah ganti popok 😂. Namanya juga less-stress toilet training ya gaes yaaa. Namun saya tetap mengusahakan agar dia pipis di toilet. Tapi juga bisa mewajarkan kalau misalnya dia masih pipis di popok. Selain karena dia belum bisa bilang kalau mau pipis, juga karena otot kemaluannya masih belum kuat untuk menahan pipisnya sementara. Itulah kenapa perlu ada toilet training yang juga untuk memperkuat otot kemaluannya. 


Jangan kira proses toilet training nya Hening berjalan mulus. Tentu tidak. Tentu ada penolakan dan atau ngereog. 


Jujurly, sebelumnya Hening nggak suka kalau kena air dingin tiap kali cebok. Karena dia kebiasaan mandi pake air hangat sih 😂. Makanya tiap cebok mesti drama dan ini tuh bikin saya capek banget 😂.


Saya cukup sadar diri kalau saya manusia lemah. Ahaaayy. Sehingga dalam do'a saya selipkan juga agar Allah memudahkan proses toilet training nya Hening dan mudahkan Hening untuk beradaptasi dengan air dingin. 


Allah sendiri lho yang bilang Allahush shomad dalam surah Al-Ikhlas. Maka sebagai manusia lemah ya saya melaksanakan titah tersebut. Meminta kemudahan kepadaNya. Xixixi


Setelah beberapa lama akhirnya, alhamdulillah, atas rahmatNya, Hening nggak mencoba kabur ketika dicebok. 


Nah, terus soal pup nih. 


Pada awalnya Hening menolak tiap diajak pup ke kamar mandi. Sampai akhirnya saya mempersuasi dia untuk pup ke kamar mandi. Pas mau saya jongkokin di toilet, awalnya dia menolak. Terus saya suruh Hening cipak-cipak air di bak yang ada di hadapannya. Alhamdulillah dia mau dan bisa pup di toilet. 


Sejak hari itu menjadi momentum Hening mau diajak pup ke kamar mandi tanpa harus merayu. Mungkin dia merasa lega karena bisa pup tanpa terhalang popok. Setiap Hening menunjukkan tanda mau pup, langsung saya ajak ke kamar mandi. Tanda dia mau pup adalah dia langsung jongkok dan tampak mau mengejan. 


Apa yang harus dihindari selama proses toilet training

Google image

Tentunya hal yang paling dihindari adalah memaksa akibat ibuk terlalu ambisius. Ngahahaha. Karena saya tuh tipikal orang yang selalu berharap hasil instan tapi ambisius. Wkwkwkwk. Sehingga kali ini saya mencoba menikmati toilet training ini dengan hati gembira. Tanpa membawa ambisiusitas saya. 


Popoknya Hening masih kering, ya alhamdulillah, bisa diboyong ke kamar mandi buat pipis. Kalau ternyata udah pipis duluan ya sudah sih. Biar aja sampai agak penuh. Wkwkwkw.


Selain itu juga kudu jaga emosi saat anak mereog. Yah, kita taulah ya anak baduta alias bawah dua tahun kadang dramanya ada aja,  yang bisa bikin otak jadi umup 😂🙏. 


Terus juga salah satu reminder dari seorang teman ketika kami ngobrol soal toilet training adalah jangan pernah bilang, "duh, pup nya bau ya". Walau mungkin itu cuma bercanda. Pokoknya jangan berkata yang bisa bikin anak jadi malu, meski cuma bercanda. Karena hal itu bisa bikin anak kapok buat diajak pup ke toilet/kamar mandi. 


Soalnya ada temennya dia tuh yang bilang gitu ke anaknya. Alhasil anaknya jadi malu terus nggak mau pup ke kamar mandi lagi. Gituu~


Apa hal terpenting dalam proses toilet training

Google image

Kalau menurut pengalaman saya pribadi adalah support system dari orang terdekat, terutama suami. Soalnya kalau nggak ada yang mendukung secara penuh biasanya bikin kita jadi capek sendiri. Sehingga punya support system yang mengerti segala bentuk kerempongan dan drama toilet training ini penting banget. 


Hal ini saya sadari ketika pergi ngemol. Sebelum ke emol, kami ke stadion Jenggolo dulu buat nonton temennya Dana tanding bola. Setelah itu kami ke Suncity. Sampai di Suncity saya cek popoknya Hening ternyata masih kering. Padahal terakhir pipis 2,5 jam sebelumnya. 


Terus saya ajak dia ke toilet buat pipis. Alhamdulillah dia mau dan ternyata ngajak anak pipis di toilet umum lumayan rempong 😅. Tapi nggak apa-apa. Namanya juga lagi belajar pasti ada sisi nggak nyamannya, kalau kata bu Ani begitu. Hhi


Setelah itu kami keliling dulu, terus makan, terus sholat dan sebelum pulang saya ajakin Hening ke toilet lagi karena popoknya masih kering. 


Nah dari sini saya menyadari bahwa support system ini penting banget. Emang sih Dana nggak ikut ngerasain rempongnya. Tapi kan bisa aja dia mikir, "Ngapain sih repot-repot ajakin anak pipis di toilet. Lagian pake popok ini. Biar aja dah". Tapi alhamdulillah Dana nggak begitu dan saya menikmati kerempongan tersebut. Karena saya juga jadi belajar untuk melanjutkan toilet training meski sedang diluar rumah. Hhi


Selain itu juga kesiapan ibu dan anak juga penting. Biar sama-sama waras dan no reog-reog an berlebihan 😅. 


Terus juga jangan pernah menjanjikan apapun kepada anak agar dia mau buang air di toilet. Tujuannya agar anak tidak kebiasaan untuk melakukan sesuatu setelah keinginannya dipenuhi. Karena bagaimanapun yang namanya buang air adalah bentuk perintah dari Allah untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga saya rasa nggak perlu sampai harus menyuapi keinginannya.


Mengapresiasi usaha anak dengan memberikannya hadiah tentu bukan masalah. Tapi kalau sampai menjanjikannya sesuatu, menurut saya nggak baik. Cuma bikin repot diri sendiri. Heuheu. Monmaap 🙏


Apa yang saya pelajari selama fase awal toilet training ini? 

Google image

Saya  sadar betul bahwa saya baru menjejakkan kaki di anak tangga pertama dalam proses toilet training ini. Masih jauh dari kata tuntas dan lulus. Namun dalam prosesnya saya belajar banyak hal. Bahwasanya memang ibuk kudu siap repot ketika proses toilet training anaknya. Entah repot karena harus bolak balik ngepel ompol jika dalam prosesnya udah lepas popok. Atau mungkin repot kudu inget-inget anaknya pipis terakhir jam berapa dan kira-kira diajak ke kamar mandi buat pipis jam berapa. 


Selain itu saya juga jadi belajar bahwa ternyata selama proses toilet training ini anak jadi belajar mengenali sinyal dalam tubuhnya. Dia belajar mengenali kalau kandung kemihnya mulai penuh. 


Terus anak juga belajar untuk menahan sementara pipisnya sampai di kamar mandi dalam keadaan sudah lepas celana. Soalnya pas awal mulai, pernah banget tuh Hening pipis gitu aja. Padahal baru aja mau lepas popok, eh dia udah pipis aja. Alhasil popoknya yang sebenarnya masih bisa dipakai malah basah bagian luarnya karena kena pipis. Eman ya padahal, tapi ya akhirnya terpaksa dibuang 😅🙏.


Itulah kenapa pas awal toilet training kita akan mendapati anak pipis begitu aja sebelum ke kamar mandi. Ya, karena dia baru belajar mengenali sinyal dalam tubuhnya dan baru belajar memperkuat otot kemaluannya. Karena selama ini dia pipis ya tinggal pipis aja 😂.


Terus apa lagi ya? Hmm, kayaknya itu dulu deh cerita mamaMia soal toilet training nya Hening, soalnya drakor kesayangan dah tayang. Wkwkwkkwkw. Disambung lagi kalau sudah lulus aja ya. Hahaha. 


Semoga cerita yang tidak terstruktur ini bisa mendatangkan manfaat bagi para mamaks yang baru akan memulai. Lakukan saja sesuai dengan kemampuan diri dan kondisi anak. Saya rasa setiap orang tua punya caranya sendiri dalam men toilet training kan anaknya. Semangat ya. Selain ikhtiar, jangan lupa berdo'a secara spesifik dengan menyebutkan tantangan yang dihadapi. Hhi. Semangaaaattt~


Emiria Letfiani
A Wife, A Mom, A Storyteller

Related Posts

Post a Comment