Tags

11 Hal Menarik Pada Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar

 

Piala dunia qatar 2022

Setelah dihantam pandemi selama 2 tahun lebih yang sebenarnya ya si kopet ini masih ada sih. Akan tetapi sejak 2022 udah mulai banyak perhelatan akbar yang dilaksanakan. Salah satu yang baru-baru ini diselenggarakan adalah Piala Dunia yang berlangsung di Qatar. 


Menurut beberapa sumber, biasanya Piala Dunia diadakan pada bulan Juni-Juli, saat musim panas. Tapi kali ini diadakan bulan November-Desember karena musim panas di Qatar tuh panas banget. Mungkin beda kali ya panasnya dengan di negara 4 musim. Karena Qatar kan punya 2 musim, udah gitu punya gurun juga. Bisa dibayangkan panasnya kayak apa. Hihi


Opening ceremony Piala Dunia 2022 diselenggarakan pada tanggal 20 November kemarin. Padahal baru beberapa hari diselenggarakan, sudah  ada banyak hal menarik yang terjadi. Salah satu yang menggemparkan adalah penampilan Jung Kook BTS. Akan tetapi penampilan JK bukan satu-satunya yang menarik perhatian, namun ada beberapa hal lainnya. 


Apa aja tuh? 


Cikidooott~


#1 Negara Islam pertama yang menyelenggarakan Piala Dunia

Sumber : bola.com

Kalau melihat dari sejarah Piala Dunia, Qatar adalah negara Islam pertama yang menyelenggarakan Piala Dunia. Seringnya Piala Dunia diselenggarakan di benua Eropa dan Amerika. Asia baru dua kali dan yang kedua adalah Qatar 😂.



#2 Jung Kook artis Korea Selatan pertama yang mengisi lagu resmi Piala Dunia

Sumber : bola.net

Dari hasil perkepoan di Wikipedia, ternyata memang benar bahwa benar kalau JK adalah penyanyi Korea Selatan pertama yang mengisi lagu resmi Piala Dunia. Kalau dilihat-lihat sih, sebelumnya yang ngisi ada penyanyi-penyanyi Barat. Bahkan pas Piala Dunia di Korea Selatan - Jepang pun yang ngisi bukan penyanyi Asia. Atau mungkin saya yang lupa ya? Lha wong yang saya ingat cuma shamina mina e e, waka waka e e 🤣🤣. 


Saat Piala Dunia kemarin, JK berkolaborasi dengan penyanyi Qatar yaitu Fahad al Kubaisi. Kolaborasi yang epic banget, suara khas JK berpadu indah dengan suara khas Fahad. Udah gitu pada musiknya juga ada musik khas Timur Tengah gitu. 


#3 Penampilan Ghanim al-Muftah yang membawa spirit alQur'an

Ghanim al muftah
Sumber : strategi.id

Menurut saya inilah dia part paling mengharukan saat opening ceremony Piala Dunia kemarin. Yaitu penampilan dari Ghanim al-Muftah dan juga Morgan Freeman. 


Mungkin kita semua sudah tau Morgan Freeman. Namun siapa Ghanim al-Muftah? 


Ah, ternyata Ghanim adalah duta Piala Dunia 2022. Dia adalah penyandang disabilitas,  Caudal Regression Syndrome, yang mana dia nggak punya tubuh bagian bawah. Maa syaa Allah 🥺. Atas rahmat Allah dia tumbuh dengan baik, resilient, cerdas dan berbakat. 


Saat opening ceremony kemarin, Ghanim melantunkan ayat suci alQur'an QS. Al-Hujurat (26) : 13. Tentunya sebagian besar dari kita tau isi ayat tersebut yaitu tentang reminder dari Allah bahwa kita diciptakan dalam perbedaan untuk saling menghargai. 


Yes, momen Piala Dunia ini menjadi ajang untuk menunjukkan keindahan Islam pada dunia. Sebagaimana yang kita tau bahwa Barat seringkali menampilkan framing buruk terhadap Islam. Dengan pembacaan ayat suci tersebut diharapkan agar semua orang tau bahwa dalam Islam diajarkan lho untuk menghargai perbedaan. 


#4 Ada suara adzan di stadion

Sumber : portal-islam.id

Ini sih yang nggak kalah kerennya. Untuk pertama kali ada suara adzan di stadion. Maa syaa Allah 😍 Bahkan Pemerintah Qatar sampai menyewa para muadzin yang suaranya indah dan merdu. Tentu selain menjadi pengingat waktu sholat bagi yang beragama Islam. Juga menjadi cara untuk menunjukkan keindahan Islam. 


Saya rasa kita sudah berulang kali membaca, melihat atau mendengar berita tentang orang-orang yang terkesima dengan suara adzan. Terus kemarin juga saya lihat di Instagram ada jurnalis asal Brazil yang menyampaikan perasaannya tentang suara adzan yang dia dengar saat di Qatar. Dia bilang kalau suara adzan itu indah sekali. Ternyata Islam memang seindah itu. Nggak kayak yang di framing kan oleh Barat. 


#5 Qatar menyediakan tempat wudhu dan sholat di stadion

Karena Qatar adalah negara Islam. Tentu pihak penyelenggara menyediakan tempat sholat di stadion bagi yang beragama Islam. Sehingga mereka nggak perlu jauh-jauh nyari tempat buat ibadah. 


Makanya kalau yang berada langsung disana pasti bisa melihat ada orang sholat di tempat-tempat yang sudah disediakan oleh panitia. Berbeda dengan penyelenggaraan Piala Dunia sebelum-sebelumnya. Walau tentu bisa kita maklumi karena tuan rumah sebelumnya, Islam adalah minoritas. 


#6 Hadist everywhere

Sumber : republika.co.id

Mungkin memang udah jadi misi Pemerintah Qatar untuk memperlihatkan wajah Islam yang sesungguhnya. Islam yang indah namun bersahaja. Islam agama cinta yang menebarkan kasih sayang. Islam agama yang memberikan kesejukan hati. 


Nah, pemerintah Qatar menunjukkannya melalui pajangan hadist-hadist gitu. Tentu nggak hanya tulisan arab saja ya. Ada terjemahannya juga agar para pengunjung bisa menikmati keindahan isi hadist tersebut. 


Keren! 


#7 Barcode di kamar hotel yang memberikan penjelasan singkat tentang Islam

Sumber : pkh.or.id

Pemerintah Qatar emang bener-bener nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ya. Mulai dari menyuarakan (eh, apa ya istilah yang tepat?) adzan di stadion, kasih tempat sholat di stadion, hadist dipampang dimana-mana. Terus ada juga barcode di kamar-kamar hotel yang berisi tentang perkenalan Islam. 


Ya mungkin perkenalan singkat sih. Namun meski singkat, semoga bisa membuka pikiran dan hati para pengunjung Piala Dunia. Agar mereka tidak memandang buruk Islam lagi ya. Tentu pemeluknya tidak sempurna, banyak cela. Tapi Islam secara utuh sudah pasti sempurna dan indah. Maa syaa Allah 🥰. 


#8 No alcohol ❌ No LGBT ❌

Salah satu aturan yang mungkin baru Qatar aja yang menjalankan yaitu pelarangan penjualan ataupun membawa dari luar minuman beralkohol. Tentunya pihak penyelenggara pingin menghindari hal-hal yang nggak diinginkan ya. Seperti mabok tak terkendali yang bisa bikin suasana jadi kacau dan tidak kondusif. 


Ya, nggak tau lagi kalau ada yang jual alkohol di resto atau swalayan. Soalnya kan saya nggak tinggal di Qatar. Hahahaha. Tapi yang pasti penonton nggak boleh bawa minuman alkohol ke stadion. 


Terus juga pihak penyelenggara melarang segala bentuk atribut LGBT. Karena kita tau bahwa Islam mengharamkan LGBT dan ini nggak bisa ditoleransi. 


Meski demikian, ada banyak penonton yang kecewa dengan aturan tersebut. Katanya sih pihak penyelenggara dianggap membungkam hak orang untuk bersuara tentang LGBT. Sampai-sampai nih pas tanding Jerman vs Jepang. Pas waktu Jerman sesi foto, mereka melakukan gerakan tutup mulut sebagai bentuk protes atas pelarangan atribut LGBT. 


Ya, lagian hak pihak penyelenggara lah ya untuk bikin aturan. Apa salahnya sih untuk dipatuhi. Lagian mereka juga aneh dan standard ganda banget. Protes karena merasa haknya dilarang, tapi juga tanpa sadar mau melanggar hak pihak penyelenggara dalam menegakkan aturan. Heheu~


Alhasil, tim Jerman kena bully netijen karena mereka kalah melawan Jepang. Wooott, ternyata tanpa sadar mereka telah membungkam diri mereka sendiri. Bukannya one love malah jadi one two 🤣 Apa nggak malu? 😅😅


Update : atribut LGBT sudah boleh seliweran saat Piala Dunia. Huh, membagongkan. Bisa banget desakannya. 


#9 Supporter Jepang melakukan bersih-bersih stadion pasca pertandingan

Sumber : kompas.com

Orang Jepang kalau urusan kebersihan dan kedisiplinan emang nomor wahid sih. Mereka terlihat membersihkan stadion pasca pertandingan. Mereka memungut semua sampah botol ataupun atribut yang tertinggal di tribun. Bahkan mereka membersihkannya sampai bersih. 


Nggak hanya tribun saja. Bahkan tim Jepang juga membersihkan tempat ruang ganti pemain. Wiih, kereeeenn. 


Padahal lho itu bukan negaranya, tapi mereka tanpa gengsi mau membersihkan tempat tersebut. Beda banget ya dengan warga negara berflower yang ringan banget tangannya kalo buang sampah. Heuh. Pantes susah majunya. Huh


#10 Metro-man

Sumber : todayonline.com

Let's not forget about the cutie Metro-man 😍


Salah satu yang lagi viral saat penyelenggaraan Piala Dunia adalah seorang pegawai penunjuk arah ke Metro atau stasiun. Pengucapannya yang unik bikin dia disukai oleh banyak penonton. Sampai-sampai ya ada yang sengaja cuma buat nonton Metro-man sampai si Metro-man tersipu malu saking sekarang punya fansnya 🤣🤣🤣. 


Mungkin karena Metro-man nggak hanya sekedar jadi penunjuk arah tapi juga menghibur para pengunjung. Si Metro-man pun mendapatkan apresiasi, entah oleh pemerintah setempat atau penyelenggara. Saya juga nggak tau 🤣🤣🙏


#11 Argentina kalah lawan Arab

Sumber : sport.detik.com

Setelah 30an kali tak terkalahkan, akhirnya Argentina runtuh oleh tim Arab Saudi. Emang sih skornya tipis banget. Tapi ya tau sendiri kan Arab Saudi sering dibantai pas babak penyisihan dan kali ini menang melawan tim raksasa sekelas Argentina. Wohooo. 


Karena kemenangannya tersebut, hari itu dijadikan hari libur nasional oleh pemerintah Arab Saudi. Euforia yang terlalu dini sih. Tapi mungkin karena kapan lagi bisa ngalahin tim papan atas, gitu kali mikirnya 😂. 


Tapi gosip-gosipnya nih ada kongkalikong antara Messi dengan pihak Arab Saudi. Karena kabarnya Messi mo dijadikan ambasador untuk pariwisata Arab atau apa gitu, saya lupa. Bayarannya fantastis. Tapi gimana ya. Masak sih sekelas Messi mau mau aja bikin malu negaranya sendiri hanya karena uang. Padahal uang segitu juga bisa dihasilkan dengan mudah oleh dia, harusnya 😂. 


Tapi allahua'lam ya. Semoga saja gosip hanya sekedar kabar burung yang nggak benar adanya. 

********

Kalau diamati, Qatar benar-benar memanfaatkan momen ini untuk menunjukkan keindahan Islam. Ya kalau dipikir-pikir memang event dunia begini perlu juga ya diadakan di negara Islam yang makmur. Biar mereka tuh tau kalau Islam tidak sejelek yang di framing oleh Barat. 


Selain itu juga ada hal indah dan menarik lainnya yang bisa jadi pelajaran bagi kita semua. 


Kira-kira bakalan ada hal menarik apa lagi yaa di perhelatan akbar Piala Dunia 2022? 

Emiria Letfiani
A Wife, A Mom, A Storyteller

Related Posts

Post a Comment