Tags

Semarak Kemerdekaan Ibu Profesional Sidoarjo - Mojokerto X Kampung Lali Gadget

 

Setelah 2 tahun dipaksa "rehat" dari acara luring akibat pandemi, akhirnya Ibu Profesional Sidoarjo-Mojokerto (selanjutnya disingkat IP SidoMojo) melangsungkan acara Semarak Kemerdekaan yang diadakan tanggal 21 Agustus lalu. Yuhuuuu~


Walau pada awalnya kami rada keder ketar ketir semriwing mengadakan acara Agustusan. Pasalnya hampir tiap akhir pekan di bulan Agustus penuh dengan acara. Kami pun jadi khawatir kalau ternyata nggak ada peserta yang minat untuk hadir saat acara. Apalagi acaranya mungkin tampak sama saja seperti acara di RT-RT, takut nggak ada yang tertarik. Sempat ada rencana mengundurkan tanggal main. Namun bermodal basmalah, gas pol dan bonek, acara Semarak Kemerdekaan IP SidoMojo diadakan.


Pada acara kemerdekaan kali ini, kami bekerjasama dengan sebuah komunitas di Sidoarjo yang bernama Kampung Lali Gadget (selanjutnya disingkat KLG). Lokasi acara terbilang cukup jauh dari pusat kota yaitu di Desa Pagerngumbuk, Wonoayu. Meski demikian, tidak mengurangi antusiasme peserta untuk datang. Meskipun banyak dari peserta yang terkena macet di perjalanan karena ada karnaval Agustusan. Bahkan ada banget yang datang dari luar kota yaitu Jombang dan Surabaya. Mantap 👍


Kami memilih mengadakan kerjasama dengan KLG karena kami perlu silaturahmi dengan komunitas lokal, serta kami juga nggak perlu bingung soal tempat dan peralatan lainnya seperti sound system ataupun alat mainnya. Sehingga hal ini cukup membantu para panitia yang terdiri dari mamak-mamak agar tidak terlalu rempong untuk membawa ini dan itu. Hahaha 


Seperti biasanya tiap acara Ibu Profesional, peserta selalu membludak yang daftar menjelang hari H. Karena biasanya orang-orang pasti semedi dulu antara mau ikut atau nggak. Apalagi di tanggal yang sama banyak yang mengadakan acara Agustusan, entah di perumahan ataupun di perkampungan. 


Alhamdulillah, kekhawatiran kami soal peserta terpatahkan dengan jumlah peserta yang bisa mencapai target minimum.


Tentunya saat acara berlangsung seru banget, gaes. Ada banyak hal menarik lho yang bisa dijumpai. Yah, minimal menarik untuk diri saya sendiri lah ya. Hihi.


Apa saja yaaaa? Simak ngecepret saya berikut ini ya gaes yaaaa~

Registrasi Paperless


Evensio
Tim Evensio


Sebenarnya sejak sebelum pemekaran atau saat Ibu Profesional Surabaya Raya, acara yang kami buat sudah mulai paperless untuk registrasinya alias pas regis nggak pake tanda tangan di kertas melainkan dengan memindai QR code


Keren banget kaaaann? Ya iya laaahh. Namanya juga Ibu Profesional.


Tet tooott, nggak boleh sombong 😂.


Karena registrasi yang paperless ini memang lebih menguntungkan sih daripada menggunakan cara konvensional. Selain nggak bikin ribet kudu print daftar hadir dulu, juga bisa mengurangi sampah kertas. Selain itu juga data yang masuk kan sudah dalam bentuk excel tuh. Bisa lebih mudah di arsipkan.


Alhamdulillahnya nih, kami punya member yang jago IT dan punya aplikasi untuk registrasi paperless gitu. Namanya Evensio.


Saat pendaftaran online maupun saat acara, tim Evensio membantu kami. Bahkan mereka rela sampai bawa alat pindai sendiri. Keren banget nggak, gaes? Udah kayak acara gede dengan jumlah peserta 1000 orang pake alat pindai 🤣🤣. 


Bahkan tim Evensio juga membantu kami mendokumentasikan acara dengan menggunakan drone.


Biyuuung, makin top aje nih. 

Ayah, Ibu dan Anak Bermain Bersama

Lomba Bakiak Ibu dan Anak

Salah satu yang khas dari Ibu Profesional adalah saat mengadakan acara, nggak hanya ibu nya saja yang berkegiatan. Namun ayah dan anak juga bisa ikut berkegiatan.


Saat acara memang lebih banyak lomba untuk anak-anak. Meski lomba untuk ayah dan ibu terbilang sedikit, namun serunya teteup dapet banget.


Apalagi saat lomba bakiak yang mana peserta terdiri dari ibu dan anak, seru banget. Bahkan saking semangatnya, sampai ada yang jatuh 😂. Kelihatannya pakai bakiak tuh gampang ya. Tapi nggak juga ketika sudah dipraktikkan. Karena butuh kerjasama dan kekompakan biar nggak oleng, gaes.


Terus yang nggak kalah seru saat lomba bapak-bapak main egrang. Mana sebelumnya sebagian besar mereka belum pernah main egrang. Ya, baru main pas acara Semarak Kemerdekaan kemarin 😂. 


Lomba Egrang Bapak-Bapak

Sebelum lomba dimulai, bapak-bapak diberi kesempatan untuk latihan dulu. Yah, walau kenyataannya banyak dari mereka yang nggak jalan-jalan juga karena belum terbiasa main egrang 😂.


Terus pas lomba dimulai, tetiba para peserta terbagi menjadi 2 kubu yaitu kubu yang jalan di tempat dan kubu yang bisa jalan sampai finish 🤣. Seru dan lucu banget lah pokoknya 🤣.


Pas lomba anak-anak juga ada yang lucu yang mana ada anak yang tampak semangat ikut lomba, ada juga yang takut, ada juga yang bingung 😂. Apalagi pas main balap karung, ada anak yang udah masuk karung tapi diam saja, nggak ikut loncat-loncat 😂. Yah, ada aja tingkah gemas para bebocilan 😂.


Lomba Balap Karung Bebocilan

Terus ada juga yang nangis sama emaknya minta main coblos balon meski acara sudah selesai. Ternyata oh ternyata doi seneng ketika kena airnya, gaes 😂.


Lomba Pecahin Balon Isi Air

Lalu ada juga anak yang semangat banget mainnya sampai menang lomba bolak balik 😂. Alhasil doi juga bolak balik dipanggil untuk terima hadiah 😍.


Daaannn yang nggak kalah bikin hati adem bener kayak diguyur air di petirtaan Candi Belahan adalah ketika ada seorang anak bilang ke mamaknya, "Tadi tuh seru bangeeett". Doi bilang gitu dengan antusias.


Unch, leleeeeehh sekaligus adeeeemm 🥰.

Senam Bersama

Terpantau seorang mamak semangat senam sambil gendong bayi

Salah satu kegiatan favorit saya saat acara Semarak Kemerdekaan kemarin adalah senam bersama. Kebetulan Sekretaris Regional (selanjutnya disingkat sekreg) kami adalah instruktur senam gitu. Jadilah kami pepet beliau untuk jadi instruktur senam saat acara.


Selama ikut di komunitas ini, saya rasa baru kali ini kami mengadakan senam bersama. Hal yang menarik saat senam adalah para peserta tampak antusias untuk ikut senam. Apalagi para bebocilan, mereka tampak khusyuk ikut senam dari awal sampai akhir 😂. Walau pada akhirnya ada yang mengeluh capek. Meski demikian, mereka tetap semangat mengikuti rangkaian acara sampai akhir 😍.


Saat acara kuperhatikan wajah bu sekreg tampak sumringah. Happy banget melihat beliau happy 😍.

Saling Menjaga Meski Bukan Anak Sendiri

Hal yang paling saya suka dari komunitas ini adalah para orang tua yang perhatian ke anak lainnya. Apalagi kalau anaknya banyak ya. Terus mamaknya jadi panitia dan rempong dengan urusan acara. Lalu bapaknya bingung mau ngikutin mau anaknya yang mana. Terus ada anaknya yang lain nangis gegara ngerasa kayak anak ayam ilang. Jadilah orang tua yang lain menghandle anak tersebut.


Sehingga datang bawa banyak anak nggak akan khawatir. Karena akan selalu ada orang tua lain yang akan bantuin. Masio anaknya banyak pisan 😂.


Eh, ngerti nggak sih maksud saya? 🤣🤣🤣🤣


Mamak panitia terluvv 😍

Bhaique~


Karena MamaMia mulai mumet, mari kita akhiri ngecepret ini. Karena tulisan ini udah puanjuang bener daaah, ngalahi ceramah Mamah Dedeh 🤣


Bhay! 


Note : semua foto dijepret oleh tim dokumentasi Semarak Kemerdekaan Ibu Profesional SidoMojo

Emiria Letfiani
A Wife, A Mom, A Storyteller

Related Posts

Post a Comment