Tip Blogging Yang Ingin Diistiqomahkan

 


Sejujurnya saya pribadi sama sekali nggak pernah berkeinginan  menjadi blogger. Karena saya sadar diri saya nggak punya rasa percaya diri untuk bisa menjadi blogger beken layaknya orang-orang. Pada akhirnya pola pikir yang demikian bikin saya jadi stuck banget untuk ngeblog πŸ˜‚. Lebih tepatnya mengalami writing block yang kemudian blog saya jadi bersarang πŸ˜‚. Padahal saya suka menulis, juga penasaran dengan dunia blog. Tapiiiiiii~


Namun sejak awal tahun 2022 ini saya kepikiran untuk lebih serius ngeblog. Karena saya merasa mungkin blog lah yang bisa menjadi ladang amal. Tapi satu sisi saya merasa nggak pede dengan tulisan saya. Selain karena tulisan saya receh banget, juga karena saya nggak punya keahlian spesifik untuk dibagikan melalui blog πŸ˜‚. Repot yaaa saya ini. 


Tapi saya tetap ingin menjadikan blog sebagai ruang amal saya #tjiyeh~


Karena sudah diniatkan demikian, tentu ada beberapa hal yang harus saya lakukan seperti :

> Menemukan spesifikasi yang ingin dibagikan;

> Meningkatkan kemampuan menulis; dan

> Mempelajari hal-hal dasar terkait blogging. 


Sejujurnya saya masih sangat awam soal blog. Sangat sangat awam. Banyak istilah dalam dunia blogging yang saya nggak paham banget. Sehingga saya perlu belajar, terutama agar blog ini bisa menemukan pembacanya. Meskipun secara organik, ternyata cara mendatangkannya nggak mudah bagi saya. 


Lalu saya coba membaca beberapa tip blogging bagi pemula yang perlu banget untuk saya istiqomahkan. Tip yang diberikan sederhana sih, tapi menjalankan dan konsistennya yang berat πŸ˜‚. Berikut beberapa tip blogging dasar yang perlu banget untuk saya istiqomahkah. 


Cikidooott~

Rutin Menulis

Tampak sederhana tapi nggak mudah bagi saya untuk dijalankan.


Sebenarnya saya sudah punya jadwal untuk unggah tulisan di blog minimal seminggu sekali. Tapi ternyata seminggu sekali kadang masih sering bolong. Padahal rutin menulis dan mengunggahnya di blog menjadi hal paling mendasar dalam blogging. Lha kalau nggak rutin nulis dan unggah, terus apa yang bisa dicari di blognya 🀣. 

Rajin Blogwalking

Blogwalking jadi salah satu tip blogging paling dasar banget yang perlu diistiqomahkan. Selain jadi sedekah karena udah nambahin viewer teman blogger, juga jadi salah satu cara untuk belajar soal apa yang perlu diisi di blog dan bagaimana tulisan yang baik dan menarik pembaca. 

Share Tulisan Ke Publik

Lha ini, salah satu tantangan banget bagi si manusia nggak pede kayak saya. Karena sering kali tulisan di blog tidak saya share di publik. Ada yang saya bagikan tapi jarang banget. Paling banter di wa story πŸ˜‚. Padahal share tulisan di medsos lainnya adalah cara mengundang pembaca untuk membaca tulisan kita dan mengunjungi blog kita. 


Tapi lagi-lagi saya masih belum pede πŸ˜‚


Apakah temans tau bagaimana caranya agar pede untuk blogging ria? 

Kasih tau saya ya. Hihi




Posting Komentar

0 Komentar