Wonder Week di Usia 2 Bulan

 



Sejak hari Rabu kemarin tiba-tiba Hening cranky berat. Udah gitu jadi suka tiba-tiba nangis. Lalu tiba-tiba begadang. Padahal sudah sebulan ini nggak pernah begadang sama sekali. Padahal aslinya doi ngantuk. Hanya saja menolak untuk tidur di kasur. Maunya tidur sambil dipangku, kadang digendong. Itupun nggak bisa nyenyak πŸ˜‚


Bayangkan…


Maunya tidur dipangku, kadang digendong 😫. Tiap kali ditidurkan di kasur mesti nangis. Ya Allah, luar biasa pengalaman pertama jadi mamak baru πŸ˜‚.


Maa syaa Allah, legrek bodi awak rasanya semalaman begendong dan mangku anak bayi. Tapi satu hal yang saya syukuri banget ketika Hening lagi cranky parah dan menolak tidur, Allah membantu saya untuk mengendalikan emosi saya. Biidznillah.


Yaa walaupun kadang ada rasa-rasa ingin marah. Tapi langsung inget nggak boleh marahin anak. Jadilah kumenangiiiiisssss 🀣🀣🀣. Ya Allah, perasaan begini bikin saya jadi kufur kadang. Astagfirullah.


Oh ngomong-ngomong, Hening ini adalah nama anak perempuan saya yang lahir akhir Agustus lalu. Alhamdulillah. Sekedar ngasi tau aja. Hahaha


Pada momen begini tentunya saya bingung ini bayi lagi kenapa banget dah, kok gini amat. Sungguh menguji kesabaran banget. Sampai akhirnya tadi tengah malam rasanya mau nangis gitu karena nggak ngerti sama apa yang dialami oleh anak sendiri. Wkwkwk. Tapi air matanya nggak bisa keluar 🀣🀣.


Setelah ku tanyakan Mbah Gugel dan ceki-ceki dengan tanda yang terjadi pada Hening. Ternyata oh ternyataaaa, anak bayi lucu sedang mengalami momen Wonder Week. Hhhmmmm~


Apaan Tuh Wonder Week?


Tentu belum semua orang mengetahui informasi perihal wonder week ini. Ya sama seperti saya yang juga baru tahu bangeeett soal istilah ini. Menurut informasi Mbah Gugel, wonder week terjadi karena adanya lonjakan perkembangan pada mental bayi. Biasanya juga dibarengi dengan adanya perkembangan pada saraf otaknya karena adanya kemampuan sensori dan motorik baru yang dikuasai oleh bayi.


Ciri-ciri dari wonder week ini umumnya adalah 3C, yaitu clingy (nemplok mulu kayak perangko), cranky (rewel tak terkira), cry cry cry (moro-moro nangis tanpa sebab). Selain itu juga terjadi perubahan pola tidur. Hhmm~


Persis. Persis wes dengan yang dialami oleh Hening. Tetiba mudah nangis, tetiba rewel berat, tetiba nggak mau tidur di kasur. Maunya digendong atau tidur dipangkuan. Namun anehnya doi nggak mau tidur di kasur hanya pada malam hari. Kalau pas pagi gitu, doi tidur nyenyak banget di kasur. Ya walau tentunya harus melalui proses mbok gendong dulu πŸ˜‚.


Udah gitu juga doi mengalami perubahan pola tidur. Biasanya doi nggak begadang lho. Hanya bangun saat minum susu saja. Lha, tetiba doi malah jadi begadang. Itupun mungkin begadangnya karena doi menolak tidur di kasur. 


Maa syaa Allah. Luar biasa cara Allah meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Ya meskipun rasanya my body is legrek, boyoken and so pasti kuingin marah, melampiaskan 🀣. Hayo tebak ini lirik lagunya siapa?


Namun alhamdulillah pada saat mengalami momen bikin darah tinggi gini, bapak suami sangat aktif ikut turun tangan menenangkan anak wedoknya yang lagi embuuuhh 🀣. Tingciyuuuu, Mas Dana zheyenk!


Oh lanjut lagi soal wonder week.


Kan tadi di awal sudah saya sampaikan kalau saat wonder week anak bayi mengalami perkembangan sensori-motorik gitu. Nah jadi saat wonder week gini anak bayi kewalahan dengan kemampuan barunya tersebut. Dia nggak bisa mengontrolnya. Makanya dah tuh anak bayi mengalami 3C itu tadi.


Terus ternyata momen wonder week terjadi sebanyak 10 kali dalam 20 bulan pertama kehidupan anak bayi. Dan sepertinya saat ini Hening ada di lompatan ke 2. Wohooo, masih ada 8 lompatan lagi πŸ˜‚.


Wonder week
Sumber : Ibupedia


Maa syaa Allah.


Ya Allah, kasih stok sabar yang BUANYAK ya Allah πŸ˜‚πŸ€².


Kemampuan yang Sudah Dikuasai Hening Saat Usia 2 Bulan

Hening posisi duduk dengan kepala tegak

Memasuki usia 2 bulan ini, alhamdulillah secara perkembangan fisik sudah sesuai KMS. Sedangkan untuk kemampuan baru yang dikuasai adalah menegakkan kepalanya dan juga ngoceh. Ya tentunya ngoceh ala anak bayi yang kedengarannya lucu itu lho 🀣


Alhamdulillah sekarang Hening juga udah mulai tegak kepalanya. Yang berarti otot lehernya sudah kuat. Makanya kalau habis menyusui doi nggak suka dalam keadaan kepala direbahin di tangan saya kayak biasanya. Dia maunya posisi duduk karena kepalanya sudah mulai bisa ditegakkan. 


Selain itu juga doi jadi rajin banget ngoceh. Tentu saya nggak paham dengan ocehan anak bayi yang haaa ooo hhmmm haooo dan lain sebagainya. Tapi saya dan suami tetap merespon dengan mengatakan, "oohh gitu, dek. Terus?". Wkwkwk.


Selain itu juga doi jadi mudah terdistraksi, terutama saat menyusui dan tidur. Entah oleh suara ataupun sebuah objek. Makanya pas nyusu, dia nggak anteng kayak dulu. Waks! Udah gitu pas tidur nggak bisa ada suara dikit, mesti melek. Jadilah mbok gendong beraksi sampai doi nyenyak, baru deh diletakkan di kasur. Fiuh!


Tentu momen ini menjadi momen yang membahagiakan. Karena kami jadi menyadari kalau our lovely Hening Elok Bestari memiliki kemampuan baru yang ia kuasai. Walaupun tentunya kadangkala juga bikin saya pribadi mudah darting, meski saya tetap usaha untuk mengelola emosi dengan baik. Karena saya tetap kekeuh nggak mau meninggalkan trauma pada anak akibat emosi yang tak terkendali.


Insyaa Allah~


Post a Comment

0 Comments