Resensi Buku : NAK - Revive Your Heart

 



Rasanya udah 10 abad nggak bikin resensi buku πŸ˜‚ #Lebay. Kali ini saya pingin banget konsisten untuk membuat resensi buku (insyaa Allah). Selain untuk mengingatkan kembali mengenai isi bukunya, juga sebagai informasi kepada khalayak yang bersedia dengan ikhlas membaca resensi yang nggak banget ini πŸ˜‚.


Ya sudah biar nggak lama-lama basa basinya, yuks kita ncuss gooo~


Identitas Buku


Judul Buku : Revive Your Heart (Terapi alQur'an Untuk Mensucikan Hati)

Penulis : Nouman Ali Khan

Halaman : 160 halaman

Penerbit : Mizania

ISBN : 978-602-418-175-8


Ini Buku Apaan Sih?

Sebenarnya dari judul buku ini kita bisa membayangkan isi bukunya. Namun bagi saya buku ini bisa menjadi wasilah bagi para pembaca untuk kembali menyadari betapa pentingnya alQur'an bagi hidup kita. 


Yang pasti ini buku non fiksi yak. Wkwk


Buku ini tipis banget sih menurut saya. Jumlah halamannya hanya 160 halaman. Itupun sudah termasuk dengan glosarium πŸ˜‚. Tipis banget kan?


Buku ini terbagi menjadi 5 bagian dengan jumlah bab sebanyak 13 bab. Sehingga kalau membacanya 1 bab sehari, dalam waktu 13 hari juga selesai. Saya kasih spoiler nih dari judul 5 bagian buku biar pada tertarik untuk membaca isinya. Wkwkw


#1 Terhubung dengan Allah Melalui Do'a

#2 Menciptakan Komunitas Muslim yang Bersatu

#3 Urusan Finansial Kita

#4 Isu-Isu Masa Kini

#5 Berfokus pada Akhirat


Gimana? Dari judul-judul tersebut menarique banget kaaann? Judulnya aja udah menarique, apalagi isinya. Ya nggak? 😌 #Teasing


Dulu saya beli buku ini di Mizan Store Surabaya via Shopee Mall. Harganya insyaa Allah terjangkau kok. Sekitar 60 ribuan. 


Kalau dari yang saya baca sebenarnya isi buku ini bukan hasil tulisan langsung dari Nouman Ali Khan, melainkan ceramah Pak Nouman yang dibukukan. Sehingga kalau temans membaca buku ini berasa kayak lagi mendengarkan ceramah Pak Nouman. 


Akan tetapi, bagi saya nih ya, isi buku ini kesannya seperti isi ceramah Pak Nouman yang plek ketiplek disalin dalam bentuk tulisan. Tidak seperti buku Pak Nouman yang berjudul Your Sin is not Greater Than God's Mercy, yang lebih dulu terbit dari buku Revive Your Heart.


Maksudnya begini, sebagai contoh ya. Misalkan dalam ceramahnya Pak Nouman mengatakan, "Anda jangan begitu. Tidak, tidak. Anda tidak boleh begitu". Nah, kalimat seperti ini yang beliau sampaikan diceramahnya dituliskan persis seperti itu juga di dalam buku Revive Your Heart. Wkwkwk. Entah sih kalau menurut saya perlu diolah kembali tanpa menghilangkan substansi ceramah. Seperti buku sebelumnya yang diterbitkan oleh Noura. 


Tapi nggak tahu lagi ya kalau ternyata gaya menulisnya Pak Nouman terryata seperti orang sedang menyampaikan ceramah πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†.


Meski demikian, nggak mengurangi substansi yang ingin disampaikan. Masih tetap recommended untuk dibaca, bahkan sangat recommended. 


Ya sih memang bisa aja tinggal nonton tayangannya di Youtube. Tapi baca buku ini juga perlu sih menurutku jika temans nggak doyan natap layar. Apalagi ngomongnya pakai bahasa Inggris. Xixixi


Apa yang Menarik dari Buku Tersebut?

Seluruh isi ceramah pada buku ini sangat-sangat menarik. Ketika membacanya sungguh amat menabokku. Wkwkw. Ya gimana nggak ketabok. Semua yang dibahas dalam buku tersebut adalah hal-hal fundamental dalam hidup dan sudah tertulis di dalam alQur'an πŸ˜‚.


Seperti misalnya tentang do'a yang mana do'a menjadi hal yang penting dan mendasar dalam hidup. Tanpa do'a, bagaimana kita bisa membangun kedekatan dengan Allah dan tahu betapa Maha Agungnya Allah atas apa yang Dia berikan kepada manusia?! 


Akan tetapi seringkali kita merasa putus asa atas do'a yang tidak kunjung terkabulkan. Bahkan sampai ada yang nggak percaya lagi sama Allah. 


Nah oleh karenanya nih melalui kisah Nabi Musa dan Nabi Zulkarnain yang tertulis dalam alQur'an, Pak Nouman mengingatkan kita tentang cara kerja do'a. Yang mana do'a itu nggak kayak kita pesan makanan di resto cepat saji. Lalu beberapa menit kemudian makanannya datang. Terus kita pesan burger ya pasti datangnya burger.


Cara kerja do'a tidak seperti itu. Bisa saja kita minta apel, eh datangnya manggis. Kita minta untuk besok, eh terkabulnya 5 tahun kemudian. Atau lebih ajaibnya do'a yang dipanjatkan malah terkabulnya pada era anak cucu kita kelak. Seperti do'a Nabi Ibrahim.


Terus kita minta 1 hal saja, eh ternyata yang diberi Allah nggak hanya 1 saja. Tapi jauh lebih banyak dan lebih besar lagi. Seperti do'a Nabi Musa.


Emang do'anya kayak gimana sih?


Ya baca bukunya dong yaaaa~


Selain itu yang menarik lagi adalah penjelasan beliau soal tafsir dari ayat yang dibahas. Penjelasannya detail banget sampai sak makna al- pun dibahas. Karena hal ini membuat saya menyadari letak pentingnya membaca alQur'an secara tartil. Tentu agar tidak mengurangi maknanya. Karena ternyata 1 kata dalam alQur'an memberikan makna yang luar biasa banget untuk 1 ayat utuhnya. 


Selain itu cara pak Nouman menyampaikan makna ayat alQur'an juga selalu sederhana. Analogi yang diberikan juga sederhana biar pemirsa mudah mengerti. Karena prinsip beliau bahwa alQur'an itu tersaji dengan sederhana maka penyampaiannya juga harus sederhana dong. Tapi maknanya selalu istimewa. Maa syaa Allah~


Pokoknya apa yang disampaikan Pak Nouman dalam buku tersebut adalah hal-hal fundamental dalam hiduplah. Karena hal tersebut jadi tersadar bahwa sesungguhnya Islam itu sederhana, prinsipnya sederhana, tapi implementasinya yang nggak pernah mudah. Wkwkwk


Justru disitu letak nikmatnya hidup yak. Kayak naik gunung, semakin menantang semakin banyak pengalaman, semakin banyak belajar, semakin banyak yang bisa dikenang dan semoga semakin membuat kita menjadi manusia yang hanif ya πŸ€—. Insyaa Allah~


Diberi Rating Berapa Nih?

Ku beri rating 4.5/5 untuk substansi isinya karena menurut saya memang penting banget untuk kita renung-pikirkan.


Bhaique~

Sekian resensi buku dari Nouman Ali Khan yang berjudul Revive Your Heart. Semoga membuat manteman tertarik untuk membeli dan membaca bukunya. Wkwkkkwkw.


Maafkan jika resensi ini penyajian tulisannya sangat nggak banget. Ya kan saya bukan penulis, tapi kang ngecepret πŸ˜†.


Bhay~


Post a Comment

0 Comments