Belajar Merajut Secara Otodidak Melalui Youtube




Pas waktu saya S2 dulu, ada seorang teman yang tangannya nyeni banget. Dia bisa menggambar, dia bisa paper quilling, dia bisa merajut dan banyak lagi. Tapi diantara semua bidang crafting yang dia geluti, saya hanya paling tertarik dengan merajut.


Sudah sejak lama rasanya saya ingin sekali belajar merajut. Tapi keinginan waktu itu hanya sekedar wacana. Karena sampai lulus kuliah saya nggak belajar juga. Wkwkwkw.


Namun akhirnya pada akhir tahun 2017, tepatnya setelah saya menikah. Akhirnya saya memutuskan membeli benang rajut dan jarum rajut di sebuah toko di Surabaya. Sampai di kosan itu benang langsung saya eksekusi. Tentunya saya belajar melalui Youtube. Karena banyak banget tuh tutorial merajut untuk pemula banget.


Masih keinget banget, saking asiknya merajut. Saya nggak sadar kalau jam sudah menunjukkan pukul 2 pagi πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. Sakiiing penasarannya tuh.


Waktu itu benda yang pertama kali saya coba buat adalah bunga mawar rajut. Sebenarnya mudah saja sih merajutnya, tapi paduan jenis tusuknya yang bikin bingung πŸ˜‚. Namun kemudian akhirnya saya menemukan pola bunga rajut yang jauh lebih mudah untuk saya gunakan. Heuheu.


Lama kelamaan saya memberanikan diri untuk membuat online shop rajut saya melalui Instagram. Nama lapak saya adalah @binarrajut. 


Pada awal merajut, saya baru bikin tas botol minum doang. Wkwkw. Kan gampang banget tuh. 




Kemudian beberapa bulan kemudian ada temannya suami saya rikeus tas besar untuk istrinya. Duhh, saya deg-degan bikinnya. Wkwkww. Itu aja saya selesaikan dalam waktu lama banget. Adaaaa aja yang bikin gregetan soalnya. Wkwkwkkw.


Kalo diceritakan jadi panjang bangetlah.


Alhamdulillah sekarang saya sudah mulai agak ngeuh kalau mau bikin rajutan yang bagus dan rapi kudu kayak gimana. Benang yang cocok untuk suatu produk harus yang seperti apa. Selain itu jenis produk rajut yang dibuat juga udah mulai beragam.


Alhamdulillah..


Memulai Merajut

Selama ini saya masih baru menggeluti rajut yang 1 jarum, yang biasa disebut dengan crochet. Sedangkan merajut yang menggunakan 2 jarum disebut dengan knitting.


Karena saya belum mendalami knitting, maka menurut saya corchet yang jauh lebih mudah. Heuheu.


Ketika saya mulai merajut, hal paling dasar yang perlu untuk diketahui adalah istilah-istilah dalam merajut. Seperti slipknot, chain, single crochet, double crochet, half double crochet, slip stitch, pichot, dll.


Susah untuk menjelaskan ataupun menunjukkan dengan gambar. Mending lihat langsung dari videonya lalu praktekkan. Insyaa Allah ini mudah banget kok. Asalkan emang punya niat untuk belajar merajut. Hoho


Di Youtube ada banyak banget kok tutorial merajut untuk pemula banget. Salah satunya adalah ini :



Kalau sudah menguasai dasar-dasar merajut seperti itu, insyaa Allah selanjutnya akan lebih mudah. Walaupun mungkin kalo mau bikin pola sendiri nggak gampang amat.


Kalau saya pribadi lebih banyak lihat-lihat di Youtube sih. Karena saya masih malas untuk membuat pola-pola sendiri. Wkwkwk. Saat ini saya lebih memilih untuk meniru dan menabung wawasan perihal merajut terlebih dahulu. 


Selain itu, pengetahuan akan benang juga penting sih menurutku. Jadinya kita akan lebih mudah menentukan akan menggunakan benang seperti apa untuk membuat produk rajut apa.


Kalau saya pribadi misal mau buat tas lebih suka pake polythick. Karena teksturnya agak halus, juga nggak lemes banget kalo dipake buat tas. Heuheu.


Saya sampai saat ini nggak pernah ikutan les merajut. Saya belajarnya secara otodidak melalui Youtube. Biidznillah Allah beri kemudahan untuk bisa merajut dan jadi ketagihan sampai sekarang. Hihi


Semoga saja hobi ini bisa membawa keberkahan bagi banyak orang dan keluarga saya sendiri. Insyaa Allah ❤️.




Post a Comment

0 Comments