Masak Heboh : Nasi Kuning For The First Try


Hari ini, untuk pertama kalinya saya mencoba membuat nasi kuning beserta perintilannya seperti tempe kering. Sejak kapan hari saya coba mencari resep nasi kuning yang simple dan bisa dimasak menggunakan rice cooker.

Resep di Youtube ada banyak banget sih memang. Udah gitu cara bikinnya juga simple. Bumbu yang digunakan juga simple. Akan tetapi ketika praktiknya benar-benar bikin dag dig dug. Karena memang ini pertama kali bikin sih 不.

Pas eksekusi nasi kuningnya, saya nggak yakin berhasil. Karena pas nasinya matang. Eh nasinya kelihatan benyek 不. Itu berarti tadi saya masukin airnya kebanyakan 不.

Akhirnya nasinya saya aduk dulu terus magic com nya saya cetekin lagi. Biar nggak benyek banget 不.

Alhamdulillah setelah led magic com berwarna orange, lalu saya biarkan dulu agak lama. Si nasi kuning sudah agak kelihatan bagus lah. Nggak kayak bubur 不.

Catatan untuk nasi kuning :
> Perhatikan takaran air,karena percobaan pertama agak benyek dikit dan agak berminyak dikit.
> 2x cook bikin dasar nasi jadi gosong 不
> Jahenya kelupaan 不

Yang nggak kalah menantangnya lagi adalah ketika mengiris tempenya tipis-tipis. Kalau untuk orang yang nggak sabaran dan nggak telaten kayak saya sih, hal ini adalah tantangan banget. Hihi

Bumbu yang digunakan memang itu-itu aja. Tapi menggorengnya sampai benar-benar kering juga tantangan. Sehingga takaran air yang dimasukkan juga kudu disesuaikan dengan kuantitas tempenya. Heuheu.

Membuat tempe kering menjadi pengalaman berarti untuk saya. Karena mengiris tempenya mengajarkan saya untuk lebih telaten dan sabar. Heuheu…

Catatan untuk tempe kering :
> Agak asin dikit
> Kurang gula jawa

Bagaimana soal rasa?


Not so so so bad lah. Lumayan lah kalau menurut lidah saya. Nggak yang nggak enak banget. Ya nggak yang enak banget 不. Pokoknya bisa di makan 不.

Tapi saya senang bisa memasak menu baru. Apalagi jika apa yang saya masak selalu diapresiasi oleh Dana. Bahkan dia selalu menyemangati. Kan, saya jadi tambah semangat masaknya .

Minggu depan nyobain masak apa lagi yaaaakk?

Post a Comment

0 Comments