Resep Sayur Asem yang Praktis dan Endeus!

By selerarasa.com

Sayur asem menjadi salah satu makanan favorit keluarga saya. Apalagi dibarengi dengan lauk ikan pindang atau tahu goreng atau perkedel jagung. Beuh, tambah endeus, pemirsa. Terus ada sambal tomatnya juga, nggak boleh lupa. Hmm, menambah selera makan lah ini.

Apalagi untuk dijadikan menu buka puasa bersama keluarga,sayur asem ini cocok banget dah. Hmmm, nulisnya sambil nahan biar nggak ngeces. Hahah

Sebenarnya membuat sayur asem ini cukup praktis. Bahan yang diperlukan nggak ribet juga. Dan isi sayurnya selera kita aja. Kalau saya pribadi biasanya hanya menggunakan kangkung dan jagung saja. Cari yang praktis-praktis saja, biar cepat selesainya. Hihi

Pertama-tama, siapkan bahan-bahannya duli yaitu sayur (bisa sayur apa saja. Kangkung, kacang panjang, labu siam, kacang tanah, atau daun melijo), bawang merah, bawang putih, cabai (bisa cabai merah atau cabai rawit, tergantung selera), terasi, asem mentah, daun salam, lengkuas, dan garam. Saya tidak pernah menggunakan penyedap rasa, sehingga saya tidak memasukkan penyedap rasa pada list bahan yang dibutuhkan. Kemudian cuci bersih semua bahan-bahan ya.

Khusus untuk sayur, sayurnya direndam dulu di dalam air garam ya. Karena menurut kabar, banyak sayur yang non-organik biasanya disemprotkan pestisida. Nah untuk menghilangkan pestisida ini, perlu untuk direndam air garam terlebih dahulu. Bisa juga dengan cuka apel ya. Di rendam selama kurang lebih 15 menit.

Lalu, rendam juga asem mentah ke dalam air panas. Setelah itu jangan lupa digeprek-geprek dengan sendok. Biar airnya berasa asem. Dan jangan lupa juga rebus air untuk eksekusi masak sayur asemnya.

Sembari menunggu sayur yang direndam dan air yang direbus mendidih, haluskan dulu bumbunya seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Kuantitasnya tergantung kebutuhan saja. Setelah itu, geprek lengkuasnya.

Lalu, masukkan bumbu halus, lengkuas yang sudah digeprek, daun salam, dan air asem ke dalam air yang sudah mendidih. Jangan lupa air asemnya disaring dulu ya, kemudian diaduk. Setelah itu masukkan sayur-sayurannya. Kemudian, tunggu hingga sayurnya mulai matang. Untuk garam dimasukkan setelah apinya mati ya. Karena garam tidak baik jika ikut dimasak.

Setelah itu, tes rasa. Jika dirasa kurang garam, maka tambahkan garam. Jika dirasa kurang asem, maka tambahkan air asemnya.

Sudah deh, sayur asem super praktis siap disajikan. Gampil kaan?

Post a Comment

0 Comments