Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap dan Cara Mengatasinya

Detik.health.com

Bau mulut tidak sedap adalah salah satu penyebab hilangnya kepercayaan diri seseorang. Sehingga tidak heran jika ada orang yang malu untuk membuka suara ketika ia sadar bau mulutnya menyengat. Apalagi kalau bulan puasa gini. Wah, banyak yang merasa nggak pede tuh buat ngobrol akibat merasa bau mulutnya tidak sedap. Padahal bau mulut saat puasa adalah hal yang wajar banget.

Ada beberapa penyebab bau mulut tidak sedap diantaranya adalah adanya gigi yang berlubang, mulut kering akibat bakteri sehingga produksi air liur kurang, kurang minum air mineral dan ternyata bisa juga karena masalah di lambung.

Selain itu, penyebab bau mulut juga bisa disebabkan habit kita yang tidak baik, misalkan adalah merokok, meminum alkohol, memakan makanan yang kurang sehat dan diet berlebihan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah bau mulut tidak sedap, diantaranya adalah 1) sikat gigi 2 kali sehari; 2) ganti sikat gigi tiap 2-3 bulan; 3) memakan makanan yang mengandung air; 4) menjaga kesehatan gigi dengan menambah gigi yang bolong; 5) periksa gigi 6 bulan sekali; 6) menggunakan mouth wash setelah sikat gigi; 7) minum air 8 gelas per hari.

Eh tapi kalau bulan puasa begini gimana nih?

Nah, kalau bulan puasa begini, sikat giginya setelah sahur dan setelah buka puasa ya. Begitu juga dengan penggunaan mouth wash. Lalu kalau mau ke dokter gigi, lebih baik malam saja. Untuk menghindari adanya kemungkinan batalnya puasa karena ketidaksengajaan. Hehe.

Jangan lupa juga untuk minum air mineral 8 gelas per hari. Caranya 1 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas menjelang imsak, 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari. Ingat, saat minum air kudu sambil duduk ya. Karena kalau minum air sambil berdiri, selain nggak sopan juga bisa menimbulkan masalah lambung lho. Lha kalau mengalami sakit lambung, nanti bisa menambah masalah bau mulut lho. Hehe

Post a Comment

0 Comments