Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Puasa

Iprice.co.id

Salah satu hal yang menjadi kegalauan seorang muslim ketika berpuasa adalah mulut. Karena selama berpuasa, mulut kita kan cenderung menjadi bau tuh akibat tidak terlalu banyak mengunyah. Sehingga sering kali kita nggak pede gitu lho buat buka mulut. Oleh karenanya menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa penting banget.

Hal paling dasar yang perlu kita lakukan adalah menyikat gigi. menyikat gigi saat puasa pun ada baiknya tidak terlalu siang. Karena dikhawatirkan puasanya menjadi makruh. Ya kali-kali nanti air kumurnya nggak sengaja tertelan. Ahaha. Emang anak kecil 🙈

Sedikit tips dari saya, ada baiknya menyikat gigi menjelang imsak. Atau bisa juga sikat gigi ketika mau wudhu untuk sholat subuh. Biar sekalian kan ya pemirsa. Bisa juga sekalian menggunakan mouth wash. Biar tambah segar euy. Tapi ada baiknya jika menggunakan mouth wash sebelum imsak aja. Hihi.

Dari beberapa sumber referensi menyatakan bahwa menyikat gigi selama puasa di perbolehkan, asal airnya tidak sengaja tertelan. Akan tetapi lebih baik jika menyikat gigi sebelum imsak dan setelah berbuka puasa. Karena demikian seseorang tersebut telah menjaga dirinya dari hal-hal yang kemungkinan dapat membatalkan puasanya. Semisal menggunakan siwak tanpa pasta gigi di setiap waktu pun bukan masalah. Asal airnya tidak sengaja tertelah.

Nah kan. Memang ada baiknya jika sikat gigi ketika sebelum imsak dan setelah berbuka. Jika memang sorenya mau pergi nih dan rasanya nggak pede kalau tidak sikat gigi, ya tidak masalah untuk menyikat gigi. Namun ada baiknya sikat gigi tanpa pasta saja. Atau berkumur ketika berwudhu. Toh giginya nggak kotor karena nggak ngunyah seharian kan? Lebih baik menghindari aja sih menurut saya. Insyaa Allah bau mulut kita di ganti bau syurga. Hahhaa. Itu sih kata guru ngaji saya dulu waktu kecil. Hihi

Bagaimana dengan kalian? Punya tips lebih oke perihal menyikat gigi saat bulan puasa? Sharing yuk, temans.

Post a Comment

0 Comments