Mengintip Cara Membuat Cilok Jamur di Cookpad

Cookpad.com

Tiba-tiba hari ini pingin banget bikin takjil cilok. Apa banget dah ya pinginnya cilok. Padahal cilok tinggal beli aja nanti menjelang magrib. Tapi cilok-cilok yang biasa dijual kan cilok biasa yang menggunakan ayam. Nah sedangkan saya pinginnya cilok jamur. Nggak lagi ngidam, cuma pingin. Haha

Lalu meluncurlah saya ke cookpad. Dairy cooking emak-emak sejagat. Yang selalu menjadi harta karun dikala bingung mau masak. Setelah intip-intip resep, saya menemukan resep milik Novia Kusuma yang sepertinya mudah untuk dilakukan.

Dalam resep tersebut, bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah kok, diantaranya adalah :
  • 150 gram tepung tapioka
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • Jamur tiram yang sudah halus secukupnya,bisa menggunakan blender
  • Air secukupnya (tambahan dari saya)
Sedangkan yang dibutuhkan yaitu :
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bawang putih cincang halus
  • Penyedap rasa (bisa diskip jika tidak suka. Karena saya sendiri juga nggak pernah pakai penyedap rasa sih. Hhi)

Cara membuatnya adalah :
  • Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis jamur;
  • Tumis jamur beserta bumbu-bumbunya yaitu merica, bawang putih, dan penyedap rasa (boleh diskip);
  • Campur tepung terigu dan tepung tapioka di dalam wadah bersih. Lalu masukkan telur, aduk rata;
  • Campur jamur yang sudah ditumis ke dalam adonan tepung. Tuang air sedikit demi sedikit. Lalu uleni hingga kalis;
  • Bentuk bulat-bulat adonan tersebut lalu rebus ke dalam air mendidih;
  • Lalu angkat dan tiriskan

Ciri adonan yang sudah kalis adalah adonannya elastis dan tidak lengket ditangan. Saya rasa bagian ini yang menjadi tantangan ketika membuat adonan. Termasuk adonan kue.

Setelah semua cilok sudah selesai di rebus. Hidangkan di atas piring beserta saos tomat atau saos apapun yang dirasa cocok untuk dimakan dengan cilok jamur. Selesai deh. Cilok jamur praktis siap disantap untuk berbuka puasa.

Duh jadi nggak sabar buat bikinnya. Ini pasti haucek banget. Hihi. Kalau kamu? Rencana bikin apa nih buat takjil nanti?

Semoga bermanfaat yaa. Selamat mencoba.

Post a Comment

1 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga mendapatkan manfaat. Barakallahu 😊