Memasak Mudah dan Cepat dengan Panci Presto

Voucherdiscount.id


Panci presto menjadi salah satu alat masak yang banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Pasalnya memasak dengan panci presto dapat mempersingkat waktu,hemat energi dan lebih kece lagi dapat melunakkan tulang ikan. Seperti ikan bandeng. Tahu sendiri kan ikan bandeng tulangnya seperti apa. Sehingga lebih enak kalau di presto, bisa dimakan dengan tulangnya tanpa khawatir keselek tulang ikan. Hihi

Cara kerja panci presto
Panci presto dilengkapi dengan tutup panci yang sangat rapat. Sehingga uap ketika proses memasak membantu mempercepat lunaknya daging yang dipresto. Memasak dengan panci presto lebih cepat dibandingkan jika memasak dengan panci biasa. Selain itu panas yang dihasilkan juga tinggi, sehingga lebihudah untuk mematikan bakteri serta mikroorganisme pada daging.

Cara menggunakan panci presto
Panci presto sendiri memiliki 2 model yaitu 1) model jiggle top dimana regulator tekanan berada di atas pipa lubang ventilasi yang ada pada tutup; 2) sistem tertutup dengan katup pegas. Meski modelnya berbeda, sistem operasinya sama yaitu menghasilkan ual panas dengan titik didih tinggi. Sehingga dapat mempercepat proses memasak.

Yang perlu diperhatikan saat menggunakan panci presto adalah volume air yang digunakan. Pada model jiggle top biasanya menggunakan 1 gelas air, sedangkan model katup menggunakan ½ gelas. Namun disarankan untuk test drive terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan air. Jika menggunakan rak atau tatakan kaki tiga, maka masukkan tatakan terlebih dahulu. Setelah itu isi airnya.

Jika tekanan sudah mencapai titik maksimum, kecilkan api untuk mempertahankan tekanan. Jangan sampai tekanannya berkurang ataupun berlebih. Waktu memasak juga perlu diperhatikan. Karena jika berlebih akan membuat bahan yang dimasak akan terlalu lembek.

Jika sudah selesai, perlu diperhatikan untuk tidak membuka tutup panci sampai semua tekanan dari panci selesai dilepas. Ada dua cara melepaskan tekanan dari dalam panci, 1) menjauhkan panci dari sumber api dan dibiarkan sampai tekanan terlepas alami; 2) membuka katup pengaman lalu katup ditekan sampai tekanan terlepas dengan lebih cepat.

Asik kan memasak dengan panci presto? Mudah dan cepat bukan? Namun memasak dengan panci presto juga ada kekurangannya, diantaranya adalah 1) waktu memasak terlalu cepat, daging sudah lembek namun bumbu belum meresap sempurna; 2) perawatan panci presto memerlukan perhatian dari pemiliknya. Tutup panci tekan harus dibersihkan dengan baik, karena banyak sisa bahan makanan yang menempel.

Yah begitulah, dibalik kelebihan ada juga kekurangannya. Tinggal bagaimana kita mensiasati penggunaannya. Okeee

Post a Comment

0 Comments