6 Aktivitas Untuk Mengisi Ramadhan

Tribunnews.com

Seperti yang kita tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan. Setiap hal positif yang dilakukan insyaa Allah bernilai ibadah. Dan setiap ibadah yang kita lakukan semata-mata adalah untuk lebih dekat kepada Allah.

Ada 5 aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mengisi bulan Ramadhan. Apa sajakah itu? Intip yuk!

  1. Tadabbur Alqur'an
Menyelami makna Alqur'an adalah aktivitas yang akan kita lakukan disepanjang hidup kita. Selain karena petunjuk hidup ada di dalamnya, juga agar kita lebih dekat dengan Allah. Kita tahu bahwa Alqur'an tidak bisa hanya dengan sekali baca,ditamatkan, lalu selesai. Namun Alqur'an perlu untuk ditadabburi terus menerus. Agar kita bisa mengetahui maksud Allah dan kita juga bisa memiliki laku Qur'ani. Insyaa Allah.

  1. Tadabbur Alam
Selain mentadabburi isi Alqur'an, kita juga perlu untuk melakukan tadabbur alam. Karena alam adalah Alqur'an yang terbentang lebar, yang bukan merupakan buku, namun penting untuk kita tadabburi. Karena dalam setiap ciptaan Allah pada alam semesta terdapat isyarat-isyarat agar kita lebih bijaksana dalam menjalani hidup.

Selain itu juga agar kita lebih memiliki kesadaran akan kasih sayang Allah yang terdapat pada alam semesta. Sebagai contoh adalah keberadaan matahari. Yang kita tahu bahwa matahari memberikan sinarnya sebagai penunjang kehidupan manusia, tumbuhan, hewan dan ciptaan Allah lainnya. Namun ternyata matahari menjadi salah satu simbol kasih sayang tanpa pandang bulu. Dan seharusnya manusia pun berlaku seperti itu.

  1. Bermunajat di sepertiga malam
Kita memang bisa berkomunikasi dengan Allah pada tiap detik hidup kita. Akan tetapi, waktu sepertiga malam adalah waktu yang paling mujarab untuk bermunajat. Selain suasananya yang sunyi, juga bisa menambah romantisme kita sebagai makhluk kepada Yang Esa.

  1. Membaca buku
Membaca buku adalah salah satu cara kita untuk menambah wawasan kita. Selain itu juga membaca buku secara bijak, insyaa Allah akan mempengaruhi pola pikir dan laku kita. Sehingga kita bisa meningkatkan level kemanusiaan kita.

  1. Mencoba resep masakan/minuman baru
Dunia perdapuran memang selalu menyenangkan bagi yang suka nguperk dapur. Mencoba resep masakan ataupun minuman baru untuk menu berbuka pasti sangat menyenangkan. Sehingga bisa menambah kecintaan orang-orang di rumah. Hihi

  1. Menulis
Menulis dipercaya sebagai salah satu terapi bagi jiwa agar kita tidak terus-terusan memendam emosi. Nah, di bulan yang baik ini, perlu bagi kita untuk mencoba memulai menulis agar beban dapat kita salurkan secara positif. Tidak harus tulisan yang bagus. Yang penting pikiran bisa lebih lega, lakukan saja sesuka kita.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan saat Ramadhan. Semoga bisa bernilai ibadah dan bisa membawa keberkahan.

Post a Comment

0 Comments